Direktur Alat Mesin Pertanian Dirjen PSP Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Muhammad Hatta dan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto memantau langsung ketersediaan pangan dan harga bahan pokok di daerah setempat dalam rangka menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Monitoring bahan pokok tersebut merupakan amanat langsung dari Presiden Jokowi kepada jajaran Kementerian Pertanian dan Pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat,” kata Direktur Alat Mesin Pertanian Dirjen PSP Kementan RI Muhammad Hatta di Aceh Besar, Selasa.

Penyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau langsung tempat pelaksanaan Operasi Pasar Murah di Gampong Cot Iri, Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar dan Pasar Induk Lambaro.

Baca juga: Pastikan harga bahan pokok stabil, Polisi dan Pemda Aceh Jaya sidak pasar

Ia menjelaskan dalam pantauan langsung ke Pasar Induk Lambaro persediaan bahan kebutuhan pokok tersedia dengan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hirjiah.

"Dari pantauan kami stok bahan pokok di Pasar Lambaro masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Aceh Besar dan sekitarnya jelang lebaran. Pasar ini menjadi pemasok bahan untuk beberapa kabupaten/kota," kata Muhammad Hatta.

Menurut Hatta, harga sejumlah bahan pokok masih dalam kategori stabil, bahkan turun seperti bawang dan cabai dan untuk komoditi daging sapi lokal mengalami sedikit kenaikan harga karena banyaknya permintaan dari masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri dibanding hari biasa.

"Kita juga berharap pasar murah yang digelar Pemkab Aceh Besar dapat mengantisipasi harga bahan pokok yang naik turun di pasaran, sehingga di pasar murah masyarakat mendapatkan harga yang lebih stabil dan terjangkau," katanya.

Baca juga: KPPU ingatkan pedagang di Aceh tidak timbun bahan pangan

Dalam pasar murah tersebut pemerintah kabupaten Aceh Besar menyiapkan beras premium 10 kilogram, telur ayam ras 1 papan, gula pasir 2 kilogram, dan minyak goreng 1 liter yang harganya telah disubsidi oleh pemerintah daerah.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan Pasar Lambaro merupakan pasar yang menjadi pemasok kebutuhan masyarakat di beberapa kabupaten/kota yakni Kota Banda Aceh, Sabang dan Kabupaten Aceh Jaya.

"Hampir setiap pagi di bulan Ramadhan kita memantau Pasar Lambaro, Alhamdulillah rata-rata komoditas bahan pokok harganya relatif stabil, hanya daging sapi lokal yang perlu mendapat perhatian khusus karena kemungkinan bakal naik harga jelang hari pemotongan hewan (meugang)," kata Iswanto.

Pihaknya telah memetakan dan memastikan ketersediaan sapi lokal di Aceh Besar mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat untuk hari meugang Hari Raya Idul Fitri.

Ia menambahkan untuk memastikan harga kebutuhan pokok stabil, Pemkab Aceh Besar rutin menggelar operasi pasar murah selama bulan puasa di setiap kecamatan. Pelaksanaan pasar murah digelar dengan kerja sama TNI, Polres, Kejari dan jajaran instansi lainnya.

Baca juga: Bakri Siddiq sidak pasar tradisional pastikan harga dan ketersediaan bahan pokok

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023