Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh H Ghazali Abbas Adan mengatakan empat pilar kebangsaan harus terus disosialisasikan.

"Empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan," kata H Ghazali Abbas Adan di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan H Ghazali Abbas Adan pada sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digelar MPR RI bekerja sama dengan Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Provinsi Aceh.

Sosialisasi diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh, utusan ormas, organisasi kepemudaan, perwakilan pemerintah, dan media massa.

H Ghazali Abbas Adan mengatakan, empat pilar kebangsaan merupakan tonggak berdirinya bangsa Indonesia. Empat pilar juga perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, kata dia, sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota DPD yang juga anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyosialisasikannya kepada seluruh elemen masyarakat.

"Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini bukan suka-suka anggota DPD yang juga anggota MPR. Undang-undang mengharuskan setiap anggota MPR, anggota DPD, maupun anggota DPR menyosialisasikan empat pilar kebangsaan," kata dia.

H Ghazali Abbas Adan mengharapkan dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan peserta terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, maupun Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan meningkatnya pemahaman, tentu akan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, sehingga ancaman perpecahan bangsa bisa diantisipasi sedini mungkin," kata H Ghazali Abbas Adan.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016