Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh bekerja sama dengan Majlis Sukan Negeri (MSN) Selangor, Malaysia, guna meningkatkan prestasi olahraga atlet di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kerja sama dengan Selangor ini untuk meningkatkan prestasi olahraga atlet Aceh. Apalagi Aceh akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024," kata Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar di Banda Aceh, Jumat.

Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak mengatakan dipilihnya Selangor karena negara bagian Malaysia tersebut yang menjadi pusat pengembangan olahraga di negara tetangga itu. 


Baca juga: Begini alasan Aceh minta PON 2024 ditunda setahun

"Di antara bentuk kerja sama tersebut adalah berupa pemusatan latihan di Selangor terhadap atlet Aceh yang dipersiapkan untuk PON 2024. Serta uji coba atlet kedua wilayah tersebut," kata Kamaruddin Abubakar.

Sebelumnya, Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar menandatangani nota kesepahaman dengan Pengarah Eksekutif MSN Selangor Mohammad Nizam Marjugi. 

 

Penandatanganan berlangsung di Kantor MSN Selangor. MSN merupakan lembaga resmi Kerajaan Malaysia yang khusus mengurusi olahraga.

Kamaruddin Abubakar mengatakan Pengarah Eksekutif MSN Selangor Mohammad Nizam Marjugi menyambut baik kerja sama olahraga dengan KONI Aceh tersebut.

Ketua KONI Aceh itu mengatakan ada beberapa cabang olahraga yang berpotensi kerja sama dengan MSN Selangor. Di antaranya rugby, skuas atau tenis dinding, atletik, dan lain-lain.

"Mereka berharap kerja sama tersebut dapat meningkatkan prestasi olahraga, atlet Selangor maupun Aceh. Pihak Selangor juga akan menyediakan fasilitas olahraga bagi atlet Aceh termasuk pelatih," kata Kamaruddin Abubakar.

Baca juga: Dua lifter binaan KONI Aceh raih medali angkat besi SEA Games Kamboja

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023