Pemerintah Kabupaten Aceh Besar meminta Pertamina mempercepat penerapan distribusi elpiji bersubsidi isi 3 kilogram tepat sasaran di daerah setempat sehingga seluruh masyarakat penerima manfaat dapat menikmati program tersebut.

“Kami telah menyurati  kembali Manager Area PT Pertamina Patra Niaga untuk menyahuti kebutuhan gas masyarakat dan meminta percepatan penerapan penyaluran elpiji bersubsidi tepat sasaran,” kata  Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Selasa.

Ia menjelaskan implementasi elpiji bersubsidi elpiji isi 3 kilogram tepat sasaran sangat penting diterapkan saat ini, mengingat banyaknya kalangan masyarakat yang beralih menggunakannya sehingga terjadi penyimpangan distribusi dan harga eceran melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan.

"Program elpiji 3 kg tepat sasaran sangat penting dipercepat agar adanya pendataan dan verifikasi kembali siapa saja yang berhak menggunakan gas subsidi. Kita ingin elpiji bersubsidi hanya dinikmati oleh mereka yang rentan miskin dan usaha mikro," kata Iswanto.

Dalam surat tersebut Iswanto menyebutkan sembilan kecamatan di wilayah Aceh Besar yang segera butuh implementasi kebijakan tersebut oleh Pertamina.

Kesembilan kecamatan itu adalah Kecamatan Mesjid Raya, Lhoong, Leupung, Simpang Tiga, Lembah Seulawah, Kuta Malaka, Indrapuri, Pulo Aceh dan Kota Jantho.

Program elpiji bersubsidi Isi 3 kilogram Tepat Sasaran adalah upaya pendataan dan verifikasi terhadap masyarakat yang layak menerima gas bersubsidi.  Mereka yang layak menerima adalah masyarakat miskin, rentan miskin dan pelaku usaha mikro.

Sementara itu, dalam surat yang berbeda Pj Bupati Aceh Besar juga menyampaikan terima kasih kepada Manager Area PT Pertamina Patra Niaga yang telah menindaklanjuti permintaan Pj Bupati untuk melaksanakan operasi pasar khusus elpiji bersubsidi isi 3 kg di Aceh Besar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina yang telah melaksanakan operasi pasar elpiji dari tanggal 26 April sampai 13 Mei 2023 di beberapa titik dalam wilayah Aceh Besar," kata Iswanto.

Iswanto mengatakan, operasi pasar elpiji bersubsidi yang dilaksanakan itu disambut antusias oleh masyarakat, karena mereka bisa memperoleh harga gas bersubsidi sesuai harga HET Rp18 ribu per tabung.

Area Manager  Comm, Rel dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria mengatakan pihaknya sangat mendukung surat yang disampaikan oleh Pj Bupati Aceh Besar terkait penerapan subsidi tepat elpiji 3 Kg

“Pertamina dalam penyaluran elpiji bersubsidi isi 3 kilogram arahnya akan mengimplementasikan skema subsidi tepat agar tepat sasaran, tepat volume, dan tepat aturan,” katanya.

Ia mengatakan untuk waktu implementasi subsidi tepat 3 kilogram masih menunggu arahan dari pusat dan pihaknya sangat mendukung dengan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto.

Ia menambahkan sambil menunggu tata waktu implementasi tersebut, Pertamina wilayah Aceh sedang mempersiapkan dan memastikan kesiapan sarana prasarana dan pangkalan untuk implementasi subsidi tepat elpiji bersubsidi.

Baca juga: Pastikan elpiji bersubsidi sesuai HET, operasi pasar berlanjut di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023