Penjabat (Pj) Walikota Lhokseumawe Imran meminta jamaah calon haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah dalam tiga kloter Embarkasi Banda Aceh untuk fokus beribadah saat melaksanakan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur. 
 
"Saya minta jamaah haji dari Lhokseumawe agar fokus dalam beribadah. Jangan memikirkan oleh-oleh untuk keluarga dari Makkah, sehingga menjadi haji yang mabrur," kata Imran saat pelepasan jamaah calon haji (JCH) di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe, Kamis (25/5) malam.
 
Dikatakan Imran, tahun 2023 jamaah calon haji Kota Lhokseumawe yang akan diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 246 orang dengan rincian 143 jamaah perempuan dan 103 jamaah laki-laki.

Baca juga: 108 hotel di Mekah siap sambut calon haji Indonesia
 
Imran merincikan, 230 jamaah calon haji diberangkatkan dalam kloter empat, sembilan jamaah pada kloter enam dan tahun jamaah pada kloter 12. Jumlah tersebut terjadi setelah proses mutasi keluar dan mutasi masuk jamaah calon haji. 
 
"Alhamdulillah untuk tahun ini jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Lhokseumawe meningkat menjadi 246 orang, sementara tahun 2022 lalu sebanyak 130 orang, Hal tersebut terjadi karena tahun sebelumnya sempat diberlakukan pembatasan lantaran pandemi COVID-19," katanya. 
 
 
"Saya meminta kepada jamaah calon haji untuk dapat menjaga kondisi fisik atau kesehatan agar keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik," sebutnya. 
 
Selain itu, kata Imran, dirinya juga meminta untuk sama-sama saling menjaga nama baik Aceh, khususnya Kota Lhokseumawe dan tidak membawa barang bawaan yang banyak saat beribadah haji. 
 
"Bawalah barang secukupnya tidak perlu banyak-banyak, karena saat beribadah haji hanya memakai kain ihram," katanya. 

Baca juga: Calhaj Aceh tempati hotel lebih dekat ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
Baca juga: 393 calon haji kloter pertama Aceh tiba di Madinah

Pewarta: Dedi Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023