Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Aceh H Nazir Adam mengharapkan ada putera asal Kabupaten Aceh Barat, yang nantinya akan memperkuat tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

“Saya berharap ada anak Aceh Barat yang bisa bermain (atlet sepakbola) di PON, tolong dipersiapkan,” kata H Nazir Adam saat melakukan kunjungan kerja ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat di Lapangan Teuku Umar, Sabtu.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, kata dia, semua pelatih sepakbola yang ada di Kabupaten Aceh Barat agar dapat mengirim pemain terbaiknya ke Asprov PSSI Aceh, guna mengikuti seleksi yang akan dilakukan nantinya.

Baca juga: Persiapan PON 2023, Aceh kirim tiga pecatur ikuti kejuaraan internasional di Malaysia

Ia berharap, nantinya calon pemain yang akan mengikuti seleksi agar benar-benar dikirim pemain yang berkualitas dan terbaik dari Aceh Barat, dan tidak dikirim calon atlet yang memiliki hubungan kedekatan keluarga dengan pemain atau pelatih sepakbola itu sendiri.

Nazir Adam mengatakan Asprov PSSI Aceh tidak akan melihat siapa, asal dari mana calon pemain yang akan ikut seleksi nantinya.

“Kalau dia (pemainnya) bagus, bisa bersaing, saya bisa prioritaskan lolos, Kita ingin pemain PON pemain terbaik Aceh,” kata Nazir Adam menambahkan.

 

Ada pun salah satu syarat yang usia pemain yang bisa bermain di atlet sepakbola PON Aceh-Sumut 2024 mendatang, kata dia, yaitu pemain yang kelahirannya pada tahun 2003.

Nazir Adam mengatakan dalam melakukan penjaringan pemain PON Aceh-Sumut nantinya, Asprov PSSI Aceh juga akan melakukan mekanisme melalui kompetisi yang akan digelar di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Untuk itu, ia menitipkan ke teman-teman Askab/Askot PSSI dan pelatih, agar benar-benar dapat melakukan seleksi pemain terbaik untuk bisa menjadi pemain sepakbola di PON Aceh nantinya. 


Baca juga: Aceh jalin kerja sama dengan Selangor Malaysia tingkatkan prestasi olahraga

Ia mengatakan, apabila dalam proses penjaringan bakal calon pemain sepakbola terdapat 10 calon pemain terbaik dari wilayah pantai barat selatan Aceh, maka dirinya akan memberi kesempatan kepada pemain tersebut untuk mengikuti seleksi secara terbuka dan dilakukan secara profesional oleh tim pelatih PON Aceh.

 “Target kita sepakbola menjadi juara PON di 2024, saya berharap semua pelatih mengirim pemain terbaik nya untuk PSSI Aceh,” kata Nazir Adam mengharapkan.

Nazir Adam mengatakan pada PON Papua di tahun 2021 lalu, tim atlet sepakbola PON Aceh berhasil meraih medali emas setelah berhasil lolos ke partai final dan berlaga dengan tim tuan rumah Papua.

Prestasi ini, kata dia, setelah sepakbola Aceh terakhir kali bermain di PON pada tahun 1993 silam.

Baca juga: Bersilaturrahmi dengan DPRA dan OJK, ini komitmen Perhumas Aceh
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023