Puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diusung oleh berbagai partai politik untuk maju di pemiliham umum (Pemilu) 2024 mengikuti uji mampu baca alquran yang diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) daerah setempat, Selasa. 
 
Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, KIP Kabupaten Abdya, Seliah di Blangpidie mengatakan, puluhan bacaleg yang mengikuti uji baca alquran hari ini khusus dilaksanakan untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 Abdya, meliputi Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Kecamatan Jeumpa.
 
 "Kegiatan ini dilaksanakan diaula kantor KIP Abdya dengan menghadirkan tiga unsur tim dewan juri, yakni dari Kantor Kementerian Agama Abdya, dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ)," katanya.


Baca juga: Dari 633 Bacaleg Banda Aceh, hanya 632 yang ikut tes baca Alquran
 
Seliah juga mengatakan, uji mampu baca alqur'an bagi para pacaleg ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari dapil I, dapil II dan seterusnya hingga nanti Dapil lll.
 
"Puluhan bacaleg yang uji mampu baca alquran hari khusus dari dapil I. Besoknya dari dapil II dan seterusnya dapil III. Jadi, proses uji ini, para peserta berhadapan langsung dengan dewan juri, " katanya
 
Ia juga menjelaskan bagi bacaleg yang tidak dapat hadir mengikuti tahapan ini karena disebabkan dengan kondisi tertentu, maka akan dijadwalkan kembali dilain waktu.
 
"Kalau tidak hadir dengan kondisi tertentu, nanti kita jadwalkan ulang, sebab tahapan ini lama, mulau dari 06 Juni sampai 12 Juni 2023," katanya.

Baca juga: 491 Bacaleg di Aceh Barat siap ikuti uji baca Al Quran, ini lokasinya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023