Pawai takbir keliling menyambut lebaran Idul Adha 1444 Hijriah di Banda Aceh kembali diadakan setelah sebelumnya diganti dengan festival takbir karena pandemi COVID-19.

Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Minggu, mengatakan bahwa pawai takbir keliling jalan kaki yang turut dimeriahkan dengan mobil hias itu dilaksanakan pada malam lebaran Idul Adha Rabu (28/5).

"Pembukaan atau pelepasan grup pawai nantinya akan dilakukan oleh Pj Gubernur Aceh atau yang mewakili di halaman depan menara utama Masjid Raya Baiturrahman," kata Saifan Nur. 


Baca juga: Warga Aceh Selatan gelar pawai obor sambut Idul Fitri

Saifan menyampaikan, kegiatan pawai takbir keliling menyambut lebaran Idul Adha dimulai dari depan panggung utama pintu gerbang menara utama Masjid Raya Baiturrahman.

Kemudian, peserta pawai berjalan melewati jalan depan Sinbun Sibreh menuju depan kantor Golkar Peuniti, Simpang Surabaya, Jembatan Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, hingga berjalan ke Jembatan Pante Pirak.

"Finish nya nanti langsung di depan pintu gerbang menara utama Masjid Raya Baiturrahman kembali," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua BKPRMI Aceh, Mulia Rahman mengatakan di setiap titik panitia menempatkan dewan hakim untuk menilai para group peserta hingga sampai finish untuk menentukan pemenang. 

"Kemudian malam itu juga dilakukan pembagian hadiah juara kepada tim pawai yang dinilai paling menarik," kata Mulia Rahman.


Baca juga: Pawai takbir Idul Fitri di Aceh Timur meriah

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023