Ratusan warga muslim dari organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah di Kabupaten Aceh Barat merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu.

Pelaksanaan hari raya ini ditandai dengan pelaksanaan ibadah shalat Id yang dipusatkan di Masjid At-Taqwa, di Kompleks Muhammadiyah Meulaboh di kawasan Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan. Bertindak sebagai imam yaitu Ustadz Fathur Hadian.

“Mari kita jadikan Hari Raya Idul Adha ini untuk meningkatkan semangat ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata khatib shalat id, DI Nasution dalam khutbahnya.

Pada kesempatan ini, DI Nasution mengajak masyarakat muslim agar dapat meneladani semangat ibadah Qurban yang dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim AS, yang merelakan anak kesayangannya Ismail untuk dikurbankan.

Meski dalam peristiwa tersebut kemudian Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor ternak untuk dikurbankan, sehingga peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Raya Qurban hingga saat ini.

DI Nasution juga mengajak kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan momentum hari raya ini untuk berkurban, dan senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi setiap larangan-Nya.

Ia juga mengajak masyarakat agar dapat saling memaafkan, dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan baik dengan sesama muslim dalam kehidupan bermasyarakat.

Prosesi pelaksanaan ibadah shalat id yang dilaksanakan oleh masyarakat muslim dari kalangan Muhammadiyah di Kabupaten Aceh Barat berlangsung lancar dan tertib, dengan pengamanan dari personel kepolisian dari Polres Aceh Barat.

Dalam mengatur arus lalu-lintas, juga turut dibantu oleh personel dari Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Ribuan warga Muhammadiyah Aceh shalat Idul Adha di kampus Unmuha

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023