Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata menyatakan angka kunjungan wisatawan ke kabupaten di pesisir selatan Provinsi Aceh itu sepanjang 2023 mencapai sekitar 25 ribu orang.

"Kunjungan wisatawan dari Januari hingga Juni 2023 mencapai 25 ribuan orang. Dan ini menunjukkan sektor pariwisata Aceh Selatan perlahan mulai bangkit," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan Muchsin yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu.

Menurut dia, angka kunjungan tersebut bisa saja lebih banyak karena jumlah wisatawan yang berkunjung tersebut diambil dari hotel-hotel maupun penginapan seperti homestay yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. 

"Bisa jadi, angka kunjungan lebih dari 25 ribuan. Sebab, kami belum memiliki angka detail wisatawan yang berkunjung ke setiap destinasi pariwisata. Ke depan, kami akan mendata wisatawan yang berkunjung ke masing-masing destinasi atau objek wisata," katanya.

Muchsin mengatakan kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Aceh Selatan berasal dari kabupaten kota tetangga di Provinsi Aceh. Ada juga wisatawan luar Aceh seperti dari Provinsi Sumatera Utara, dan lainnya.

"Sekarang ini, sektor pariwisata sudah berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Banyak tumbuh pelaku usaha kecil di sekitar destinasi wisata seperti penjual makanan dan minuman, suvenir, penginapan, dan lainnya," katanya.

Muchsin mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengandalkan wisata alam dan bahari untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten di pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

"Untuk wisata bahari, Aceh Selatan memiliki pantai yang panjang, mulai dari Kecamatan Labuhanhaji hingga Trumon. Pantai-pantai tersebut didominasi pasir putih dan ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat libur," katanya.

Di antara destinasi wisata bahari yang ramai dikunjungi, kata Muchsin, seperti Pantai SBB di Labuhanhaji. Kemudian, juga ada Pantai Air dingin di Kecamatan Sawang.

Sedangkan, di Kecamatan Tapaktuan ada destinasi pariwisata tapak tuang tapa dan desa wisata pantai Lhokrukam, hingga wisata Pulau Dua di Kecamatan Bakongan.

Sedangkan wisata alam, di antaranya pemandian Guha Bater Meucanang di Kecamatan Labuhanhaji, air terjun di Kecamatan Sawang. Kemudian, ada wisata pemandian air terjun Tingkat Tujuh dan pemandian di Panjupian, Kabupaten Aceh Selatan.

"Saat ini, antusias masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan dalam mengembangkan destinasi pariwisata semakin meningkat. Apalagi di banyak desa memiliki potensi wisata di antaranya pemandian dan lainnya," kata Muchsin.

Baca juga: Dinas Pariwisata ajak masyarakat dukung dua nominasi API Aceh Selatan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023