Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Syariat Islam mulai mempersiapkan peserta untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Aceh ke 36 tahun 2023 yang akan berlangsung di Kabupaten Simeulue. 

Kepala Dinas Syariat Islam Abdya, Ubaidillah, di Blangpidie, Sabtu, mengatakan pelaksanaan seleksi Tilawah Quran dilakukan selama satu hari penuh. Tim penyeleksi berasal dari LPTQ Aceh.

"Tim dari LPTQ Aceh langsung yang melakukan uji kemampuan bagi peserta MTQ hari ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah resmi gelar MTQ ke 34 tingkat kabupaten

Ia mengatakan pelaksanaan seleksi MTQ tersebut dilaksanakan di aula Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie.

Peserta yang mengikuti seleksi tersebut berasal dari sembilan Kecamatan dalam kabupaten Abdya, dengan jumlah peserta sebanyak 121 orang.

"Pesertanya terdiri dari cabang Qira'at Al Quran 35 orang, cabang Hafizh Al Quran 27 orang, cabang Fahm Al Quran 15 orang, cabang Syarh Al Quran 30 orang dan cabang Khatt Al Quran 14 orang," ujarnya.

Sedangkan untuk cabang Tilawah Al Quran lanjut dia sebanyak delapan orang (putra/putri) untuk golongan Tartil, golongan anak-anak, golongan remaja dan golongan dewasa diambil dari yang meraih juara satu pada MTQ tingkat Kabupaten Abdya yang sudah dilaksanakan 15-18 Juli 2023 lalu. 

Kemudian, kata dia, hasil seleksi tim LPTQ Aceh tersebut akan diumumkan setelah pelaksanaan seleksi dilakukan, penilaian sepenuhnya oleh tim LPTQ Aceh, sedangkan Dinas Syariat Islam Abdya hanya memfasilitasi acara. 

"Pengumuman hasil seleksi nanti akan disampaikan oleh tim LPTQ Aceh kepada panitia," katanya.

Baca juga: BREAKING NEWS - Jaksa tahan dua tersangka baru kasus korupsi proyek timbunan MTQ Aceh Barat

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023