Kepolisian RI Resor (Polres) Simeulue, Provinsi Aceh, menggencarkan patroli dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

Kapolres Simeulue AKBP Sujoko di Simeulue, Senin, mengatakan selain kepolisian, patroli juga melibatkan prajurit TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

"Kami berharap dengan patroli gabungan ini dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024 di kabupaten kepulauan ini," kata Sujoko.

Baca juga: Tim gabungan tangkap kapal pengebom ikan di perairan Pulau Simeulue Aceh

Menurut Kapolres, patroli yang dilakukan secara intensif tersebut di lakukan di beberapa titik, di antaranya di Simeulue Tengah. Petugas patroli mendatangi tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat seperti warung kopi dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, tim patroli gabungan juga mengimbau masyarakat untuk ikut bersama-sama menciptakan kamtibmas yang damai menjelang Pemilu 2024.

 

Selain itu, patroli gabungan tersebut juga merupakan bentuk sinergisitas antara TNI dan Polri serta Satpol PP di Kabupaten Simeulue dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami berharap kehadiran tim patroli gabungan tersebut memberikan rasa aman, nyaman dan damai kepada masyarakat, baik menjelang maupun sesudah Pemilu 2024," kata Sujoko.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: Polres Simeulue gencarkan razia petasan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023