Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mencoret dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) untuk pasangan calon Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar (Illiza-Farid) dalam Pilkada Kota Banda Aceh 2017.

"KIP sudah memutukan dalam rapat pleno pencoretan PKPI dari dokumen pencalonan pasangan Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar," kata Ketua KIP Banda Aceh Munawar Syah di Banda Aceh, Rabu.

Munawar Syah menyebutkan pencoretan PKPI dalam dokumen  pencalonan pasangan calon Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar disebabkan saat pendaftaran ditandatangani oleh Pjs Ketua PKPI Haris Sudarno.

Sedangkan yang terdata dalam database Kementerian Hukum dan HAM, ketua PKPI adalah Isran Noor. Data tersebut sebagaimana keputusan Menteri Hukum dan HAM RI.

"Secara khusus, kami telah menyampaikan klarifikasi kepada KPU RI dan KIP Aceh. Dan pencoretan ini menindaklanjuti surat KPU serta supervisi KIP Aceh," kata Munawar Syah.

Selain KPU dan KIP Aceh, Munawar Syah, menyebutkan keputusan rapat pleno tersebut juga disampaikan ke Panwaslih Aceh, Panwaslih Kota Banda Aceh, pasangan calon, dan partai bersangkutan.

"Walau PKPI dicoret, namun tidak mempengaruhi pencalonan pasangan Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar. Syarat dukungan pasangan ini masih melebihi syarat minimal," ungkap Munawar Syah.

Pasangan Illiza Saaduddin Djamal dan Farid didukung 18 kursi legislatif. Kursi tersebut berasal Partai Demokrat lima kursi, Partai Aceh dan PKS masing-masing empat kursi.

Kemudian, PPP tiga kursi serta Partai Daulat Aceh dan PKPI masing-masing satu kursi. Dengan pencoretan PKPI, maka dukungan tersebut menjadi 17 kursi. Sedangkan syarat minimal pencalonan adalah lima dari 30 kursi DPRK Banda Aceh.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 digelar pada 15 Februari 2017 mendatang. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dan pemilihan 19 bupati/wali kota dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh diikuti dua pasangan calon, yakni Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar serta pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017