Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang menggelar acara 
pelayanan paspor merdeka dalam rangka menyambut HUT ke 78 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang jatuh pada 19 Agustus mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang Lutfi di Kota Sabang, Sabtu, mengatakan kegiatan pelayanan paspor merdeka tersebut sebagai wujud komitmen Imigrasi Sabang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat wilayah Pulau Weh itu.

"Kita berharap ini membawa dampak positif dan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Sabang. Hari ini kita berhasil melayani sebanyak 24 pemohon dalam kegiatan paspor merdeka di Lapangan Playground Sabang," kata Lutfi.

Baca juga: Imigrasi Aceh beri layanan Paspor Merdeka, begini cara daftarnya

Ia menjelaskan pelayanan paspor merdeka itu merupakan bagian dari inovasi layanan Imigrasi Sabang Memanjakan Masyarakat (Si Bang Mamat) milik Kantor Imigrasi Sabang.

"Karena tujuan layanan ini juga untuk memudahkan warga yang merasa kesulitan memilih jadwal pada hari kerja, sehingga Imigrasi Sabang hadir di hari Sabtu yang merupakan hari weekend kantor," ujarnya.

 

Seorang pemohon paspor di Sabang, Juliana mengaku sangat terbantu dengan pelayanan paspor merdeka yang digelar Imigrasi Sabang tersebut, mengingat dirinya tidak harus datang ke kantor Imigrasi pada hari kerja. 

"Soalnya selama ini kami ingin mengurus paspor tapi kesulitan mengatur waktu yang cocok saat hari kerja, dikarenakan kami sama-sama bekerja di kantor yang berbeda," ujarnya.

Di sisi itu, Imigrasi Sabang juga berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Sabang dalam hal pemberian informasi terkait aturan dan regulasi Pekerja Migran Indonesia (PMI). 

"Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa sanya para calon PMI ini berkaitan erat dengan Imigrasi dalam hal pembuatan paspor, sehingga Imigrasi Sabang merasa penting untuk membangun sinergi dan koordinasi dengan pihak pemerintah terkait," ujar Lutfi.

Kegiatan pelayanan paspor merdeka itu juga dimulai dengan Senam Bersama warga Sabang, yang turut menyiapkan sejumlah hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung. 

Baca juga: Imigrasi Sabang dan tim Pora gelar rakor untuk perkuat pengawasan orang asing

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023