Ribuan warga di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe ikut meramaikan jalan santai dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kegiatan jalan santai tersebut digelar Muspika Muara Satu yang bekerjasama dengan berbagai instansi dan perusahaan yang ada di lingkungan kecamatan setempat. 

Camat Muara Satu Taruna Putra Satya di Lhokseumawe, Minggu, mengatakan bahwa selain untuk memeriahkan HUT ke 78, kegiatan yang dihadiri 2.000 warga tersebut juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat se Kecamatan Muara Satu serta untuk kesehatan warga.
 
"Kegiatan jalan santai untuk membudayakan masyarakat berjalan kaki ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari orang tua, remaja, anak anak hingga sejumlah siswa sekolah. Bahkan momen ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi warga," katanya. 


Baca juga: Korem Lilawangsa bagikan 720 bendera untuk nelayan Aceh sambut HUT RI

Untuk rute jalan santai, kata Taruna, pihak penyelenggara memilih jalan perkampungan yang bebas kendaraan serta lokasi pertanian warga yang masih asri dengan jarak tempuh mencapai tiga kilometer.

"Peserta yang mendaftarkan harus membawa kartu Identitas asli dan merupakan warga Kecamatan Muara Satu. Panitia penyelenggara juga menyediakan berbagai macam hadiah diantaranya kulkas, sepeda, kipas angin dan lain-lainnya. Selain jalan santai, kami juga menggelar sejumlah lomba, salah satunya lomba azan lomba hafiz dan lomba kampung bersih," katanya.

Asisten Manager Administrasi PLN Nusantara Power Andy Prasetyo mengatakan bahwa momentum tersebut menjadi peran penting bagi perusahaan untuk bersatu bersama masyarakat lingkungan. 

"Program ini dapat menjalin hubungan dan sinergitas yang baik antara PLN Nusantara Power dengan masyarakat lingkungan. Ini merupakan kontribusi perusahaan untuk masyarakat binaan dan direncanakan pada tanggal 19 Agustus mendatang, perusahaan juga akan menggelar berbagai ajang perlombaan untuk empat desa binaan," katanya. 

 Sementara itu, Ilhamuddin Ginting, warga setempat mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 RI di Kecamatan Muara Satu.

"Ini baru pertama dilakukan di Kecamatan Muara Satu. selain merupakan ajang hiburan warga, program ini juga menjadi ajang silaturahmi. Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahunnya baik dalam momentum peringatan hari kemerdekaan maupun momentum lainnya, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi," ujarnya.

Baca juga: Jaksa amankan puluhan dokumen saat geledah Kantor DPKD Lhokseumawe

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023