Tiga siswa SMP Negeri (SMPN) 1 Banda Aceh, Kamelia Hasanah, Siti Carissa, dan Windy Fathien Nadzhirah berhasil meraih medali emas pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP 2023 untuk cabang lomba tari kreasi.
 
"Saya berharap, anak-anak ini terus dibina sehingga menjadi kebanggaan bagi kota Banda Aceh ke depannya," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, di Banda Aceh, Ahad.
 
FLS2N ini digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada 14-19 Agustus 2023, di Golden Boutique Hotel Kemayoran Jakarta.

Baca juga: Target juara FLS2N, Dinas Pendidikan Aceh Jaya gaet ISBI Aceh
 
Selain itu, siswa yang menjadi perwakilan provinsi Aceh itu juga berhasil mendapatkan penghargaan khusus sebagai penari terbaik tingkat nasional.
 
Amirudin mengapresiasi prestasi yang diraih oleh anak-anak SMP Negeri 1 Banda Aceh karena mampu menyisihkan peserta terbaik dari daerah lain seperti Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, NTB, Papua dan Riau.

 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Banda Aceh Sulaiman Bakri menjelaskan bahwa perlombaan ini diselenggarakan secara berjenjang dari mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, dilanjutkan sampai babak semifinal untuk mendapatkan 10 finalis tingkat nasional.
 
Ketiga siswa terbaik Banda Aceh tersebut berhasil meraih medali emas setelah membawakan sebuah tarian kreasi yang diberi nama “Tari Puteh” (tarian putih).
 
"Tari Puteh itu bercerita tentang problematika sosial dan kemanusian, yaitu kekerasan seksual pada anak yang dibungkam dan dibelenggu keadaan dan situasi," katanya.
 
Sulaiman menuturkan, prestasi tersebut diraih atas kerja sama Disdikbud Banda Aceh dan SMPN 1 dengan Penata Tari Novirela Minang Sari yang merupakan Guru Seni dan Budaya SMPN 1 Banda Aceh.
 
"Termasuk peran dari penata artistik adalah Farhana Atikah, mahasiswa USK, dan Dekjal alumnus Seni Tari ISBI Aceh. Sedangkan penata musik adalah Rahmat, alumni Seni Musik ISBI Aceh," demikian Sulaiman.

Baca juga: Ini juara FLS2N jenjang SD di Kota Banda Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023