Kutacane (ANTARA Aceh) - Komandan Kodim (Dandim) 0108/Aceh Tenggara (Agara), Provinsi Aceh, Letkol Inf Yudiono kembali melanjutkan pelaksanaan Shalat Subuh berjamaah dengan warga setempat usai pelaksanaan pilkada serentak 2017.

"Saya kembali menggerakkan Subuh berjamaah untuk pertama kali hari ini, setelah pilkada di daerah ini berlangsung aman dan lancar," papar Yudiono di Desa Empat Lima, Bukit Tusam, Aceh Tenggara, Ahad.

Yudiono melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Al Hidayah berada di jalan lintas Kutacane-Medan dengan puluhan masyarakat setempat, yang dihadiri Camat Bukit Tusam Sukri, dan Kapolsek setempat AKP Ajudan.

Ia mengatakan, pelaksanaan Subuh berjamaah semata-mata karena pihaknya ingin mensyiarkan kebesaran Islam terutama di provinsi berjuluk "Serambi Mekkah", dan di daerah yang dijuluki "Sepakat Segenep".

Meski aman pelaksanaan pilkada, sebutnya, namun Kodim setempat saat ini tetap mengawal rekapitulasi suara bupati/wakil bupati Aceh Tenggara, dan gubernur/wakil gubernur Aceh di tingkat kecamatan dengan menempatkan personel TNI.

Pelaksanaan pilkada di Aceh digelar serentak yakni pemilihan gubernur/wakil gubernur, dan pemilihan 20 bupati/wali kota beserta wakil dari total 23 kabupaten/kota di provinsi tersebut.  
    
"Kami tempatkan masing-masing empat orang TNI di 16 kecamatan di Aceh Tenggara, karena ingin mengantipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Itu, sebelum perhitungan di tingkat kabupaten pada Rabu (22/2)," ucap Yudiono.

Ramlan Sinambela (50), Imam Masjid Al Hidayah menyambut positif atas program gerakan subuh berjamaah setiap akhir pekan yang merupakan program nasional bagi umat muslim di Aceh Tenggara.

Dia berharap dengan turunnya dandim setempat, dan ikut melaksanakan Sholat Subuh secara berjamaah agar bisa diikuti oleh pimpinan lembaga lain di daerah tersebut.

"Alhamdulillah, jadi motivasi bagi masyarakat. Mudah-mudahan gerakan seperti ini, bisa terus berlanjut. Jika dandim sekarang ini tidak lagi menjabat, maka bisa dilanjutkan oleh penggantinya," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017