Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi mengharapkan Turnamen Catur Teuku Umar Cup-1 2023 yang digelar oleh Polres Aceh Barat, harus menjadi agenda tahunan yang diharapkan dapat melahirkan atlet catur terbaik di daerah ini.

“Saya berharap turnamen catur ini menjadi agenda tahunan, saya akan minta KONI Aceh Barat memfasilitasinya,” kata Mahdi Efendi di Meulaboh, Ahad petang.

Hal ini ia sampaikan saat menutup turnamen catur dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78 dan HUT Kota Meulaboh Ke-435, di sebuah kafe di kawasan Seuneubok, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Seperti diketahui, juara pertama dalam turnamen tersebut diraih oleh  Fudhaillul Barri dari Banda Aceh mendapat Uang tunai 7 juta beserta piagam dan tropi.

Juara kedua diraih Erian Akbar Nasution dari Aceh Selatan mendapatkan uang tunai Rp5 juta beserta piagam dan tropi, dan juara ketiga diraih Mar'ie Muhammad asal Kabupaten Bireuen, Aceh, mendapatkan hadiah uang tunai Rp3 juta beserta piagam dan tropi.

Sedangkan juara keempat diraih M Johan, asal Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini, Mahdi Efendi turut memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada panitia pelaksana, atas dilaksanakannya turnamen catur ini.

“Kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi perkembangan catur khususnya di Aceh Barat,” kata Mahdi Efendi.

Dengan adanya turnamen ini diharapkan akan tumbuh bibit-bibit pecatur baru, dan nantinya dapat menyemarakkan kembali olahraga catur sehingga masa depan catur Indonesia semakin maju dan berkembang.

Ketua Panitia Pelaksana, M Nasir mengatakan turnamen ini dilaksanakan untuk meningkatkan semangat sportifitas dan pengalaman khususnya para pecatur yang ada di Aceh Barat.

“Semoga dengan adanya ajang ini bisa menambah semangat para pemain catur, dan memberi dorongan agar mau ikut dalam setiap kompetisi guna meningkatkan prestasi para pecatur,” katanya.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 120 peserta dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga: Persiapan PON 2023, Aceh kirim tiga pecatur ikuti kejuaraan internasional di Malaysia

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023