Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan meluncurkan Kampung Atu Lintang, Kecamatan Atu Lintang, Aceh Tengah sebagai Desa Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dalam upaya mengkampanyekan diversifikasi atau penganekaragaman konsumsi produk pangan lokal.

T Mirzuan mengatakan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan pangan lokal menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan adalah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sejak dini melalui pengembangan Desa Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (Desa B2SA)," kata Mirzuan di Takengon, Senin.

Baca juga: Pemerintah Aceh kampanyekan diversifikasi pangan ke masyarakat

Ia menjelaskan, Desa B2SA merupakan program integrasi dan konvergensi penyelenggaraan penganekaragaman konsumsi pangan.

Tujuan program tersebut, kata dia, untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang aktif, sehat, dan produktif.

Menurutnya, Pemkab Aceh Tengah melalui Dinas Pangan setempat dan Tim Penggerak PKK terus berupaya mensosialisasikan dan berusaha agar dapat mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

"Melalui pengembangan Desa B2SA yang integrasi dan konvergensi dalam penyelenggaraan penganekaragaman konsumsi pangan diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan penyediaan, pengolahan, dan pemanfaatan pangan B2SA dalam pemenuhan pangan rumah tangga sehari-hari," ujarnya. 

Baca juga: Pemerintah Aceh dan Bulog terus salurkan beras SPHP guna tekan kenaikan harga

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023