Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melakukan penebangan pohon di sepanjang ruas Jalan Nasional Lintas Barat Aceh, di kawasan Kecamatan Meureubo, kabupaten setempat sebagai salah satu upaya melancarkan aktivitas ekonomi masyarakat.

“Penebangan pohon yang membentang di atas badan jalan raya ini, untuk melancarkan pengangkutan arus barang dan menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat, Bukhari kepada ANTARA di Meulaboh, Rabu.

Ia mengatakan, upaya pembersihan pohon tersebut merupakan upaya pemerintah daerah, guna memastikan keselamatan dan kelancaran pengangkutan arus barang, yang mengangkut berbagai hasil usaha masyarakat.

Baca juga: Pemkab Aceh Besar bersihkan Ponpes peringati gerakan WCD

Selain itu, kata dia, penebangan ini juga untuk menghindari macetnya arus lalu-lintas, karena selama ini banyak truk pengangkut barang yang tersangkut pohon saat melintas di jalan raya, sehingga menyebabkan arus lalu-lintas terhenti.

Bukhari mengatakan pihaknya mencatat setiap bulannya banyak truk pengangkut barang dan pelaku aktivitas ekonomi, yang menjadi sasaran tersangkut pohon atau tumbangnya pohon di jalan raya.

Dengan adanya kegiatan pembersihan yang dilakukan bersama pihak terkait tersebut, diharapkan aktivitas ekonomi dan usaha masyarakat di wilayah pantai barat selatan Aceh semakin lancar dan meningkat.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga berkomitmen untuk terus menjaga keselamatan masyarakat, dan menjamin aktivitas ekonomi masyarakat tetap lancar dari gangguan pohon tumbang di jalan raya,” kata Bukhari.

Ia juga menyebutkan, aktivitas pembersihan pohon tersebut merupakan salah satu program kerja DLHK Aceh Barat dalam menjaga keselamatan berlalu-lintas di jalan raya.

Baca juga: Warga Aceh Timur terluka ditimpa pohon

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023