Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengajak para santri di kabupaten itu untuk menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat.
 
"Santri memiliki peran dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Di mana mereka ikut terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia," kata Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Senin.
 
Di sela-sela menjadi Inspektur upacara peringatan hari santri nasional tahun 2023 di Komplek Dayah Darul Muta'allimin Gampong Meulayo, Kecamatan Blang Bintang, Ia menjelaskan santri berperan sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. 
 
"Santri tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari," katanya.

Baca juga: Pertunjukan seni budaya meriahkan Hari Santri 2023 di Lhokseumawe
 
Karena itu santri harus menjadi contoh atau teladan dalam masyarakat menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.
 
Ia juga mengajak menjadikan Hari Santri sebagai momentum yang tepat untuk merefleksikan peran dalam menjayakan negeri dan menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. 
 
Menurut dia sebagai generasi penerus, harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.
 
"Mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan," katanya.
 
Iswanto menyakini dengan kebersamaan Insya Allah bisa menjayakan negeri dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan. 
 
"Mari kita bersatu, terus berjuang, dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini, dan marilah kita semua untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan kita petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen sesuai dengan temanya Jihad Santri Jayakan Negeri," katanya.
 
Ia optimistis lewat peringatan Hari Santri menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa.
 
Baca juga: Peringati Hari Santri, Kemenag Aceh: Jihad santri jayakan negeri

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023