Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meraih prestasi gemilang dalam kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang digelar di Taman Shafiatuddin, Banda Aceh, Sabtu (11/11).
 
Kabupaten ini berhasil meraih kemenangan dalam lomba masak kuliner kreasi yang melibatkan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. Prestasi ini menjadi sorotan utama dalam acara yang dihadiri oleh ribuan pengunjung pada Sabtu malam.
 
Keberhasilan Abdya menciptakan kreasi kuliner yang memukau membuatnya meraih posisi teratas dalam perlombaan itu. Tim masak dari kabupaten ini berhasil menciptakan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga kreatif, dan inovatif. Kemenangan ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Abdya dan menunjukkan potensi kuliner yang luar biasa di daerah tersebut.
 
Dalam kompetisi ini, tim masak Abdya menunjukkan keahlian dan dedikasi mereka dalam menciptakan masakan yang unik. Mereka berhasil menggabungkan cita rasa tradisional Aceh dengan sentuhan modern yang menggugah selera. Inovasi dalam penyajian dan penggunaan bahan-bahan lokal menjadi nilai tambah yang membuat mereka berdiri di puncak podium.

Baca juga: Sambal ganja dan hajam stand BUMdes Abdya jadi pikat pengunjung PKA
 
Salah satu peserta lomba masak kuliner kreasi Abdya, Nida menyatakan, keberhasilan dalam lomba masak kuliner kreasi merupakan hasil dari persiapan dan kerja keras yang maksimal. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan semacam ini menjadi wadah untuk menggali potensi kreatif masyarakat Aceh dalam bidang kuliner. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk terus mengembangkan keahlian kuliner lokal mereka.
 
“Rasanya senang pake banget karena saingannya lumayan berat, ada ketemu beberapa kabupaten/ kota yang sering masuk nominasi, dan memang ketemu orang orang lama juga yang sering ikut lomba, masih gak nyangka aja,“ ujar Nida, salah satu peserta lomba masak kuliner kreasi.
 
Pemerintah setempat turut memberikan apresiasi atas prestasi tersebut dengan memberikan penghargaan dan dukungan lebih lanjut untuk memajukan potensi kuliner Abdya. Kemenangan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pariwisata kuliner di daerah tersebut, mengundang lebih banyak wisatawan untuk menikmati kekayaan kuliner Aceh yang khas.
 
Para pemenang dan peserta PKA 8 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Aceh untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat mereka dalam berbagai bidang. Keberhasilan Aceh Barat Daya dalam lomba masak kuliner kreasi menjadi bukti bahwa kreativitas dan dedikasi masyarakat dapat menciptakan prestasi gemilang dalam kancah nasional.
 
Penulis: Sella Dwi Puspita, mahasiswa Malikussaleh

Baca juga: Abdya usulkan tradisi manoe pucok jadi warisan budaya tak benda

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023