Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mendukung kejaksaan setempat dalam hal penegakan hukum, terutama pencegahan penyalahgunaan keuangan negara maupun penindakan hukum lainnya. 

“Saya percaya, Bapak Kajari Nagan Raya yang baru dapat melaksanakan segala kewajiban dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan amanah dan tuntunan dari Allah SWT, sehingga segala persoalan yang dihadapi kiranya mampu diatasi dengan arif dan bijaksana," Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangan tertulis diterima di Suka Makmue, Selasa.

Hal ini ia sampaikan saat melakukan tradisi adat Aceh yaitu menepungtawari Kepala Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Aceh, yang saat ini dijabat oleh Djaka Bagus Wibisana. 

Fitriany berharap, jajaran kejaksaan dapat mendukung program-program pemerintah daerah dalam memperluas wawasan masyarakat terhadap produk hukum dan qanun-qanun (peraturan daerah) yang berlaku di Aceh.

Ia berharap, bersama Kepala Kejaksaan Nagan Raya yang baru, ia yakin Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan dapat merekat hubungan yang harmonis seperti yang selama ini terjalin dengan baik.

Fitriany mengatakan selama ini hubungan Pemkab Nagan Raya dengan jajaran Kejaksaan Nagan Raya terjalin sangat harmonis, dan hal ini terlihat dari keberhasilan berbagai program kerjasama yang telah dirintis selama ini.  

"Pemkab Nagan Raya dan jajaran Kejaksaan adalah mitra kerja, bentuk hubungan ini tentu saja harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” katanya mengharapkan.

Dengan adanya kerjasama dan kemitraan yang baik, seluruh program pembangunan pemerintah daerah dapat diimplementasikan sesuai perencanaan dan acuan hukum yang berlaku, sehingga hasilnya dapat tercapai secara maksimal bagi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Fitriany mengatakan dirinya sangat ingin mewujudkan masyarakat Nagan Raya yang terbebas dari buta hukum, karena salah satu indikator kesejahteraan daerah adalah tingginya kesadaran masyarakat terhadap hukum dan akses hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri Nagan Raya Djaka Bagus Wibisana berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagan Raya karena telah menyambut kedatangan dirinya dan keluarga sesuai adat dan istiadat di Aceh.

"Mudah-mudahan ke depan kami betul-betul dapat melaksanakan tugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Nagan Raya, sesuai yang telah diamanatkan undang-undang," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kata Djaka, ada beberapa program di Kejaksaan, antara lain pengawalan proyek-proyek strategis daerah dan pendampingan hukum. 

"Dengan adanya pengawalan itu, mudah-mudahan proyek tersebut dapat dilaksanakan sebagaimana yang diharapkan bersama serta melakukan pendampingan hukum," ungkapnya. 
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023