Seorang warga Gampong Leupu Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie, Aceh, selamat setelah diamuk gajah sumatera saat menggiring kawanan hewan liar itu dari kebun warga setempat. 

“Korban bernama Nurman Bin Cut diduga diamuk gajah liar saat menggiring gajah kembali ke hutan bersama warga lain,” kata Kapolsek Geumpang Ipda Mirzan, di Pidie, Senin.

Mirzan mengatakan, kejadian itu terjadi pada Minggu (26/11) sekitar pukul 13.00 WIB, saat tiga ekor gajah berada di perkebunan warga Dusun Dayah Baro Gampong Leupu, Pidie.

Baca juga: Gajah liar melintas di Jalan Tol Trans Sumatera, kok bisa?

Awalnya, puluhan masyarakat mencoba menggiring agar kembali ke hutan hutan dan tidak merusak tanaman mereka. Nahasnya, salah satu gajah tersebut mengamuk dan berlari ke arah warga. 

"Seekor gajah itu mengamuk dan berlari ke arah korban, sehingga korban terlempar sekitar 30 meter setelah diangkat dengan belalainya," ujarnya.
 

Akibat insiden tersebut, korban mendapatkan pertolongan awal dan dievakuasi ke Puskesmas setempat untuk perawatan.

Laporan dari Puskesmas, lanjut Mirzan, korban mengalami nyeri dada, punggung, perut bawah, nyeri pada saat bernafas, bengkak pada bagian punggung akibat benturan dan tidak ditemukan luka pada korban.

“Setelah mendapatkan pertolongan pertama, korban langsung dirujuk ke rumah sakit Teuku Chik di Tiro Sigli agar mendapatkan penanganan lebih lanjut,” demikian Ipda Mirzan.

Baca juga: Gajah liar rusak tanaman padi, petani Aceh Jaya terancam gagal panen

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023