Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tengah Subhandhy AP mengatakan pemerintah daerah akan segera menyelesaikan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk pendanaan Pemilu 2024 sesuai amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Mendagri kembali mengingatkan pemerintah daerah agar segera menyelesaikan NPHD, karena itu penting untuk memastikan kebutuhan anggaran Pemilu 2024 dapat teralokasi dan terpenuhi dengan baik," kata Subhandhy usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) virtual bersama Mendagri, Selasa (5/12). 

Dia menyampaikan dalam rakor tersebut Mendagri menekankan agar unsur pimpinan daerah harus berkoordinasi dengan baik bersama leading sektor penyelenggara Pemilu 2024 guna memastikan semua tahapan Pemilu berjalan baik. 

Kemudian, kata dia, Mendagri juga meminta agar anggaran yang telah disepakati bersama melalui NPHD dapat disalurkan sebanyak 40 persen dari APBD 2023 dan 60 persen APBD 2024.

"Mendagri telah mengingatkan kepala daerah mengenai persentase penyaluran anggaran tersebut sejak 24 Januari 2023 yang lalu," ujarnya.

Selain itu, Mendagri juga meminta semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu untuk all out mendukung kerja penyelenggara Pemilu.

"Sehingga sisa tahapan sampai pemungutan suara nanti bisa berjalan dengan sukses dan aman dari konflik," ujar Subhandhy. 

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah terus mantapkan ketahanan pangan

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023