Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Aceh Kombes Pol Darmawan Sutawijaya meminta Satgas Saber Pungli Kota Banda Aceh diminta bekerja serius dalam mengungkap praktik ilegal tersebut.

"Tim Saber Pungli Banda Aceh jangan hanya diam. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita benar-benar bekerja. Contohlah tim dari daerah lain di Aceh yang sudah gencar bekerja, seperti Aceh Tenggara yang menemukan puluhan praktek pungutan liar," tegas Kombes Pol Darmawan Sutawijaya di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Kombes Pol Darmawan pada pertemuan dengan Satgas Saber Pungli Banda Aceh. Pertemuan di Aula Madani Balai Kota Banda Aceh, turut dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin.

Kombes Pol Darmawan mengingatkan agar Satgas Saber Pungli Banda Aceh bekerja serius dan menemukan kasus pungutan liar guna mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Selain itu, Kombes Pol Darmawan menekankan Satgas Saber Pungli Banda Aceh tidak takut kepada siapa pun dalam menjalankan tugas. Sebab, ini merupakan perintah presiden.

"Jangan takut. Tangkap pelaku pungutan liar. Ini adalah perintah presiden. Saya akan memantau terus. Tunjukkan pada masyarakat Banda Aceh bahwa tim saber pungli kota ini ada. Bila perlu, ekspos secara besar-besaran," ujar Kombes Pol Darmawan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengungkapkan pembentukan satgas saber pungli merupakan wujud nyata pemerintah dalam memberantas pungutan liar dan upaya untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat dan penegakan hukum.

"Praktik pungutan liar merupakan kanker yang dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena itu, praktik ilegal ini harus diberantas," kata dia.

Zainal Arifin menambahkan, dalam menjalankan tugasnya, tim saber pungli harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Termasuk menyosialisasikan keberadaan satgas secara masif dan berkesinambungan.

"Kasus pungutan liar yang ditemukan harus diusut hingga ke akarnya. Dan ini menjadi pembuktian kepada masyarakat bahwa upaya pemberantasan pungutan liar dilakukan secara maksimal dan serius," kata Zainal Arifin.

Wakil Wali Kota Banda Aceh juga mengingatkan jangan sampai ada kasus yang lolos pantauan tim saber pungli. Jika ini terjadi, akan sangat memilukan sekali. Terlebih jika diketahui dan dihembuskan oleh media massa.

"Dengan kecepatan dan kemudahan akses informasi seperti sekarang ini, jangan biarkan setiap temuan menjadi isu. Isu pungutan liar itu dapat memberikan dampak negatif terhadap kinerja pemerintahan," sebut Zainal Arifin. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017