Tiga pelajar asal Provinsi Aceh berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dengan membawa pulang medali perunggu dalam ajang Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat nasional pada 2023.

Sekretaris Umum Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (Agpaii) Aceh Muhammad Yani mengatakan ajang tersebut berlangsung secara luar jaringan, yang diikuti peserta dari masing-masing provinsi se Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan.

“Alhamdulillah seluruh peserta perwakilan dari Aceh meraih juara medali perunggu dalam ajang perlombaan ini,” katanya dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Selasa.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat Agpaii di Kota Malang Provinsi Jawa Timur, yang terpusat di Aula DPRD Kota Malang dan Universitas Islam Malang (Unisma) akhir pekan lalu.

Kata dia, para finalis yang mendapat undangan mengikuti perlombaan tingkat nasional tersebut merupakan para juara dari masing- masing jenjang di tingkat provinsi yang diikuti mencapai 5.000 peserta se Indonesia.

Ketiga pelajar perwakilan Aceh yang meraih medali tersebut yakni Nora Nurul Fitri dari SMP MUQ Aceh Selatan, Astri Arisa dari SMA Muhammadiyah Gayo Lues dan Siti Raya Humairah A dari SMA Dayah Perbatasan Minhajussalam Kota Subulussalam.
 
Menurutnya, walaupun belum mampu meraih medali emas, namun capaian tersebut telah mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional. “Selamat kepada masing-masing siswa yang telah berjuang dan meraih prestasi di tingkat nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Azhari juga mengapresiasi tim Aceh yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional. Ia juga berterima kasih kepada pihak sekolah yang sangat berjasa mengantarkan mereka hingga ke Kota Malang.
 
"Terbukti anak-anak Aceh mampu bersaing dan memberikan prestasi untuk Aceh. Ini sesuatu yang membanggakan kita, semoga pada tahun 2024 akan lebih baik lagi," kata Azhari.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023