Lhoksukon, Aceh Utara (ANTARA Aceh) - Petani di Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengeluhkan dengan serangan hama yang menyerang buah kakao, sehingga membusuk sebelum masa panen tiba.

Keuchik (Kepala desa) Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Razali kepada wartawan di desanya, Jumat menyebutkan, serangan hama busuk buah itu sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami tidak tahu jenis hama apa yang menyerang tanaman kakao, sehingga mengakibatkan buahnya membusuk. Tak sedikit petani yang gagal panen," kata Razali.

Dijelaskan, bila buah kakao yang terserang hama ini tidak segera dipetik, maka pohonnya akan layu dan mati. Akibatnya, tidak sedikit pula pohon kakao petani yang mati akibat dari serangan hama tersebut.

Biasanya, kata Razali, penyakit ini menyerang pada buah kakao yang masih kecil, sehingga kondisi buahnya menjadi lebam, lalu perlahan membusuk hingga berubah menjadi warna hitam.

Buah kakao yang sudah diserang hama ini, bijinya sudah dipastikan dalam keadaan rusak atau tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Menurut Razali, petugas dinas terkait sudah turun ke lokasi, tetapi hingga kini belum ada penangkalnya.

"Padahal mereka telah memberikan pupuk serta pestisida, akan tetapi belum ada hasilnya. Itu sebabnya, para petani sangat resah dengan serangan hama jenis ini," katanya.

Serangan hama ini tentu mengakibatkan para petani merugi, karena hasil produksi kakao mereka anjlok. Di lain sisi, biaya untuk perawatan seperti membeli pupuk dan pestisida juga tergolong tinggi, sehingga tidak sebanding dengan hasil panen.

Pewarta: M. Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017