Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan pihaknya siap memberikan ruang kepada perempuan di daerah itu khususnya untuk terlibat langsung dalam membangun kabupaten itu.
 
"Semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas harus memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya di Jantho, Kamis.
 
Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menjadi inspektur Upacara peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar.
 
Ia menjelaskan peringatan hari ibu menjadi momen penting serta penghargaan, penghormatan, serta apresiasi untuk seluruh perempuan di Aceh Besar khususnya atas peran, dedikasi, serta kontribusi bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.  
 
“Perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri," katanya.
 
Menurut dia perempuan Indonesia telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan. 
 
"Perempuan Indonesia merupakan perempuan-perempuan tangguh dan berdaya, yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan," katanya.
 
Ia mengajak para perempuan untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri.
 
Ia juga mengimbau semua elemen, khususnya para ibu-ibu untuk lebih responsive dan peka terhadap isu-isu perkembangan sosial khususnya terkait perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak, guna mendukung percepatan pembangunan yang berkeadilan serta menghindari ketimpangan sosial di masyarakat, khususnya di kabupaten Aceh Besar.
 
"Pemkab terus menggencarkan gerakan dalam upaya mendukung Pemberdayaan Perempuan dalam berbagai sektor yakni mulai dari peningkatan kompetensi, prestasi dan kreatifitas di berbagai bidang pengetahuan, keterampilan dan budaya," katanya.
 
Kepala Dinas PPKB, PP, dan PA Kabupaten Aceh Besar Fadhlan menambahkan dalam rangka Hari Ibu tahun 2023 tersebut, Pemkab Aceh Besar turut menggelar aneka perlombaan yakni lomba marhaban dan lomba menjahit kancing baju serta menetapkan kecamatan lokomotif yang diraih Kecamatan Darul Kamal.

Baca juga: Pemkab Aceh Besar ajak masyarakat tidak buang air besar sembarangan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023