Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan jumlah surat suara yang diberikan ke provinsi Aceh pada Pemilu 2024 mencapai 19,1 juta, terbagi dari lima jenis pemilihan baik pemilihan legislatif maupun Presiden.

"Jumlah surat suara yang kita terima secara keseluruhan 19.122.335 untuk 16.038 TPS di 23 kabupaten/kota se Aceh," kata Ketua KIP Aceh, Saiful, di Banda Aceh, Kamis.

Saiful menyampaikan, dari 19,1 juta surat suara tersebut sudah termasuk cadangan dua persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3,742 juta orang. Artinya, masing-masing jenis surat suara sebanyak 3,824 juta lebih.

"Jadi untuk satu jenis surat suara 3.824.467, dan dikalikan lima jenis (pemilihan DPRK, DPRA, DPR RI, DPD RI dan Pilpres). Maka totalnya 19.122.335 surat suara," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, sebagian besar surat suara tersebut sudah berada di KIP kabupaten/kota se Aceh. Serta masih ada yang sedang dalam perjalanan menuju Aceh.

"Ada juga yang belum terima, masih di Medan dalam hal ini distribusikan. Insya Allah besok seluruhnya sudah sampai di KIP kabupaten/kota," katanya.

Baca juga: KIP Aceh Selatan terima 875 ribu lembar surat suara Pemilu 2024

Saiful menuturkan, surat suara yang sudah tiba di daerah tersebut langsung dilipat dan perhitungan ulang apakah jumlahnya telah sesuai atau belum sesuai permohonan awal kepada KPU RI.

"Teman-teman kabupaten/kota setelah sampai logistik mereka lakukan lipat surat suara, dan perhitungan ulang. Kalau tidak sesuai maka kita akan meminta kembali ke KPU RI," katanya.

Dirinya menambahkan, sejauh ini penyelenggara Pemilu di Aceh sudah melaksanakan semua tahapan, dan memasukan surat suara ke satu tempat. Selanjutnya tinggal masa kampanye dan pemungutan suara.

"Harapannya semoga Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik, aman dan berintegritas," demikian Saiful.

Baca juga: Polres Aceh Jaya kawal ketat surat suara Pemilu 2024

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024