Kepolisian RI Resor (Polres) Bireuen, Provinsi Aceh, memastikan keamanan tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di wilayah terpencil berlangsung kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Kami terus melakukan pengawasan intensif di TPS terpencil maupun dianggap rawan untuk memastikan keamanan dan pelaksanaan pemilu di wilayah tersebut berlangsung damai dan kondusif," kata Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko di Bireuen, Jumat.

Sebelumnya, Jatmiko mengatakan pihaknya bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bireuen mengecek dan mengevaluasi kesiapan TPS di wilayah terpencil melaksanakan pemungutan suara.

Di antara TPS terpencil yang ditinjau yakni di Meunasah Desa Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Pengecekan dilakukan untuk memastikan keamanan di TPS pada saat hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Kapolres Bireuen mengatakan di desa tersebut hanya ada satu TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 79 orang. Jarak desa tersebut ke pusat pemerintahan kecamatan mencapai 26,5 kilometer.

"Menuju desa tersebut dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat hingga pintu gerbang desa. Untuk ke TPS, menempuh jarak 1,5 kilometer. Ke TPS tersebut bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor apabila kondisi jalan kering," katanya.

Jatmiko mengatakan pihaknya akan terus mengecek kesiapan TPS di wilayah terpencil lainnya. Pengecekan tersebut untuk memastikan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung kondusif.

"Kami juga terus meningkatkan sinergitas antarinstansi untuk mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung aman, damai, dan terpercaya. Kami juga mengingatkan jajaran untuk menjaga integritas pada peserta demokrasi tersebut," kata Jatmiko.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: KIP Banda Aceh gelar simulasi kondisi nyata proses pemungutan suara

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024