Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh (DISKOMINSA) untuk memperkuat teknologi informasi dan komunikasi

“Kolaborasi ini merupakan bagian mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Aceh serta membuka ruang wawasan yang lebih luas dan memberi manfaat di kedua institusi,” kata Dekan FMIPA USK Prof Taufik Fuadi Abidin di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan lewat kolaborasi tersebut dapat dilakukan penyelenggaraan pelayanan data statistik dan geospasial, pengelolaan media komunikasi dan pelayanan informasi publik, layanan infrastruktur dasar data center, layanan manajemen data dan informasi e-Government melalui pendampingan, penguatan sumber daya manusia, perencanaan serta penguatan kelembagaan pemerintah untuk pengelolaan data dan informasi.

“FMIPA USK juga siap jika ada kajian-kajian atau penyusunan naskah akademis  dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat termasuk menyusun program-program pemberdayaan masyarakat melalui Program Matching Fund (Dana Padanan) dari Kemdikbudristek,” katanya.

Baca: USK bekali koordinator MBKM ilmu kewirausahaan

Ia menambahkan kerja sama yang disepakati antara FMIPA USK dengan Diskominsa Aceh tersebut meliputi bidang pembelajaran dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia, serta kerjasama lain yang disepakati, sesuai dengan fungsi dan wewenang para pihak.

FMIPA USK memiliki lima Program Studi S2, tujuh Program Studi S1, satu Prodi Profesi Apoteker dan dua Program Studi Diploma (D-III).

Kepala Dinas Diskominsa Aceh  Marwan Nusuf mengatakan pihaknya melihat peluang untuk mengerjakan sesuatu secara bersama dengan FMIPA yang sangat terbuka, bukan hanya dengan Jurusan Informatika, atau Statistika, atau jurusan-jurusan yang selama ini terlihat relevan, namun juga dengan jurusan lainnya di FMIPA.

Baca: USK ingatkan sekolah dan siswa segara registrasi akun SNPMB
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024