Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Sosial setempat menyalurkan bantuan masa panik guna membantu meringankan korban kebakaran di Pesantren atau Dayah Babul Maghfirah di Cot Keueung, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

“Pak Pj Bupati menginstruksikan kepada kami untuk segera menyalurkan bantuan masa panik guna membantu meringankan beban korban kebakaran di Dayah yang dipimpin Ustadz Masrul Aidi,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Aulia Rahman di Kecamatan Kuta Baro, Kamis.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya juga sedang mendata berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh para santri perempuan khususnya yang tempat tinggal di lalap si jago merah sekira pukul 09.35 WIB.

Baca: Pesantren di Aceh Besar terbakar akibatkan dua korban, begini kronologinya

“Saat ini kita juga sudah mendirikan tenda untuk tempat belajar sementara dan untuk bantuan selanjutnya n akan kita salurkan kembali nanti,” katanya.

Adapun bantuan yang disalurkan yang bersumber dari APBK terdiri dari beras sepuluh sak, minyak goreng 120 liter, air mineral 20 dus, biskuit 84 pcs, gula pasir 400 kilogram, mie instan 15 dus, ikan 240 kaleng, roti biskuit ATB 24 pcs, baju daster 50 lembar, kain sarung 250 lembar, mukena anak sepuluh lembar, mukena dewasa sepuluh lembar dan jilbab dewasa 20 lembar serta bersumber dari APBA kecap 240 botol.

Baca: Pemkab Aceh Besar serahkan bantuan korban kebakaran


Bantuan masa panik ini juga ikut disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dinas Sosial Aceh, Tim PKK Aceh Besar dan Bank Aceh Syariah,” katanya.

Pihaknya berharap bantuan masa panik yang disalurkan tersebut dapat meringankan beban para santri yang tertimpa musibah kebakaran di Dayah Babul Maghfirah di Cot Keueung, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

Kebakaran tersebut menghanguskan satu blok bangunan yang dijadikan asrama putri dan rumah pimpinan pesantren, Dayah Babul Maghfirah memiliki jenjang pendidikan setingkat SMP dan SMA. Santri dan santriwati di dayah modern tersebut sekitar 600- orang. 

Baca: FOTO - Kebakaran pesantren di Aceh Besar

Secara terpisah Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan dirinya langsung memerintahkan tim terkait di Aceh Besar untuk bergerak cepat mengatasi musibah di dayah asuhan Ustadz Masrul Aidi.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Besar juga menyalurkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran rumah di Gampong Ulee Lueng Kecamatan Darul Imarah, Rabu (24/01/2024) malam.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15:30 WIB tersebut mengakibatkan satu unit rumah rusak berat dan satu lagi rusak ringan serta satu unit mobil jenis Fortune dan dua unit sepeda motor hangus terbakar.


Baca juga: 200-an santriwati dipulangkan karena asrama terbakar di Aceh Besar
Baca: Aceh Besar tambah dua Pos Damkar maksimalkan penanganan bencana

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024