Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melibatkan sebanyak 3.736 satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) dalam melaksanakan tugas penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Satlinmas berperan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta melaksanakan fungsi pemeliharaan keamanan bersama dengan aparat keamanan,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menjadi inspektur apel siaga satlinmas dalam rangka pelaksanaan pemilu serentak dan pembekalan Pemilu 2024 yang dipusatkan di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho.

Ia menjelaskan satlinmas menjadi garda terdepan dalam menjalankan tugas pokok menjaga ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum pada 2024.

 “Pemilu adalah saat dimana suara rakyat menjadi bermakna, dan tugas kita adalah memastikan bahwa setiap warga negara khususnya dalam hal ini masyarakat Aceh Besar dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman, damai, dan bebas dari segala bentuk intimidasi,” katanya.

Ia juga berpesan agar satlinmas tetap menjaga netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. Di mana netralitas adalah kunci utama dalam menjalankan tugas pengamanan pemilu.

“Saya ingatkan kembali agar anggota satlinmas tidak terlibat dalam aktivitas politik, karena saudara adalah pilar keamanan yang harus dikenal sebagai pihak yang netral, tanpa adanya kecenderungan atau preferensi politik tertentu. Ini adalah jaminan bahwa setiap masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilu dengan merasa aman dan bebas dari bentuk intervensi eksternal,” katanya.

Ia juga berharap anggota satlinmas menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, integritas, dan tanggung jawab serta bertindak sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku dengan tetap menjaga sikap dan perilaku yang mencerminkan kualitas tinggi dalam melaksanakan tugas pengamanan.

Kasatpol PP dan WH Kabupaten Aceh Besar Muhajir mengatakan personel satlinmas tersebut akan ditempatkan di 1.264  TPS dan  gampong yang ada dalam kabupaten setempat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024