Lhoksukon (ANTARA Aceh) - Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, berharap kepada pemerintah untuk memberikan bantuan ternak sapi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Gapoktan Bunga Damai, Abubakar kepada wartawan di Lhoksukon, Minggu menyebutkan, sejauh ini pihaknya mengaku belum pernah menerima bantuan ternak sapi dari pemerintah untuk dibudidayakan.

"Kalau proposal sudah berulang kali kita kirim, baik ke tingkat kabupaten, provinsi hingga ke kementerian melalui e-proposal. Tetapi hingga kini bantuan tersebut tidak kunjung ada," keluhnya.

Padahal, sebut Abubakar lagi, Gapoktan Bungai Damai memiliki badan hukum yang legal dan di bawahnya ada lima kelompok lainnya yang bernaung di bawah payung Bunga Damai ini.

Sebagai bentuk nyata ingin membudiyakan ternak sapi, Abubukar menyebutkan, pihaknya jauh-jauh hari telah membudidayakan hijau makan ternak (HMT), melalui swadaya kelompok Bunga Damai.

Disebutkan, ada sekitar 20 hektare rumput raja telah dibudidayakan pihaknya sebagai pakan ternak.

"Tujuan budidaya rumput tersebut untuk memudahkan Bunga Damai dalam urusan pakan bagi ternak sapinantinya. Tetapi saat ini, pakannya sudah ada sementara ternaknya belum ada," ujar Abubakar.

Dijelaskan, pihaknya sudah membudidayakan rumput raja ini sejak dua tahun terakhir dengan harapan, bila suatu saat Bunga Damai mendapat bantuan ternak, maka tidak disibukkan dengan urusan pakan.

"Sejauh ini, Bunga Damai hanya memiliki modal untuk membudidayakan rumput. Sementara ternak sapi, pihak kita belum ada biaya sendiri. Itu sebabnya, Bunga Damai dan lima kelompok lainnya yang bernaung di bawah kita, berharap agar adanya perhatian serius dari pemerintah terhadap bantuan ternak sapi," katanya.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017