Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai melakukan panen aneka tanaman pangan yang selama ini ditanam di setiap halaman kantor pemerintah daerah di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Panen aneka tanaman pangan ini sebagai upaya pemerintah daerah mewujudkan program pangan Lestari bagi masyarakat,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Sceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Sabtu.

Ada pun jenis tanaman pangan yang dipanen tersebut terdiri dari aneka sayuran seperti terong, cabai, tomat, serta aneka tanaman palawija lainnya.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah, kata Fitriany, dirinya kembali menyerahkan aneka bibit tanaman pangan agar kembali dilakukan penanaman di halaman perkantoran pemerintah daerah.

Ia menyebutkan panen tanaman pangan tersebut, merupakan kesuksesan terhadap jalannya Program Pangan Lestari yang ia gagas selama ini.

Program tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan dan menekan inflasi di Kabupaten Nagan Raya.

Fitriany Farhas mengimbau masyarakat di Kabupaten Nagan Raya untuk menanam lagi tanaman pangan lestari di pekarangan rumah, bagi masyarakat yang telah memanen tanaman pangan yang selama ini ditanami.

Menurutnya, dengan adanya pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman pangan, hal ini dapat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan harian tanpa harus membeli di pasar.

"Saya tidak bosan-bosan mengajak masyarakat untuk menanam kembali tanaman pangan di sekitar pekarangan rumah,” kata Fitriany.

Ia juga mempersilakan masyarakat yang ingin bertanya tentang cara perawatan tanaman pangan dan memilih bibit, agar dapat menghubungi petugas di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, agar mendapatkan informasi yang jelas tentang tanaman pangan.

Baca juga: Nagan Raya satu-satunya kabupaten di Aceh raih penghargaan ketahanan pangan dari pemerintah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024