Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur menyatakan produksi padi di kabupaten itu mencapai 100.418 ton pada 2023.

Kepala Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Erwin Atlizar di Aceh Timur, Selasa, mengatakan 100,418 ton produksi padi tersebut tersebar di 24 kecamatan di Aceh Timur.

"Sebanyak 100.418 ton produksi padi ini di luas panen padi mencapai 17,176 hektare periode Januari hingga Desember 2023," kata Erwin Atlizar.
 
Didampingi Koordinator Data Statistik Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Timur Sastrawan Simeon Bangun, Erwin Atlizar menyebutkan luas sawah yang mendukung target produksi mencapai 24.155 hektare sawah.

Baca: Pemkab Simeulue targetkan produksi padi capai 40 ribu ton

"Untuk produktivitas rata-rata padi per hektare mencapai 5,85 ton. Dan tanam rata-rata juga dua kali setahun," kata Erwin Atlizar.

Erwin Atlizar menyebutkan kendala dalam produksi padi di Aceh Timur adanya anomali cuaca seperti musim kemarau. Beberapa persawahan di Aceh Timur menggunakan sistem pengairannya tadah hujan.

"Kami akan terus mengupayakan bantuan-bantuan sumur pompa ke Kementerian Pertanian. Sumur pompa ini bisa mengatasi air untuk sawah tadah hujan," kata dia.

Erwin Atlizar mengharapkan pada tahun ini produksi padi di Aceh Timur ada peningkatan produksi sekitar 10 hingga 20 persen. Pemerintah daerah mendukung upaya peningkatan produksi tersebut dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian, seperti benih dan sarana produksi lainnya.

"Apalagi, sekarang ditambah adanya upaya penambahan luas areal persawahan di Aceh Timur, tentunya ke depan produksi padi dapat meningkat," kata Erwin Atlizar.

Baca: Pemkab Aceh Selatan targetkan produksi padi sebanyak 39,7 ribu ton
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024