Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah, mengeluarkan instruksi kepada Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup (LH) untuk membersihkan badan jalan, terutama dahan kayu untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan menjelang bulan suci Ramadan 1445 H. 
 
“Pembersihan badan jalan merupakan bagian dari upaya memperindah lingkungan dan memberikan kesan positif bagi masyarakat,” kata Pj Bupati Darmansah di Blangpidie, Ahad.
 
Dengan membersihkan dahan-dahan kayu yang menghalangi pandangan, diharapkan jalan-jalan di pedesaan, perkotaan maupun di kawasan perkantoran Pemkab Abdya akan terlihat lebih rapi dan indah.
 
Ke depan gotong royong ini juga menjadi kewajiban bagi semua pihak termasuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Abdya terutama untuk membersihkam halaman kantor mereka masing-masing agar jadi indah dan bersih. 
 
Instruksi ini juga sejalan dengan komitmen Pj Bupati Darmansah dalam mendukung program kampung Iklim yang bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dengan lingkungan yang lebih bersih dan tertata. Dengan lingkungan yang lebih baik, masyarakat di Abdya dapat merayakan Ramadan dengan lebih khidmat dan nyaman.
 
Menanggapi instruksi tersebut, Dinas Perkim dan LH langsung menurunkan petugas untuk melaksanakan tugas ini. Mereka memobilisasi sumber daya dan tenaga untuk membersihkan badan jalan, salah satunya di kawasan jalan dua jalur menuju kantor setdakab setempat.
 
“Kami saat ini sedang menjalankan instruksi ini. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat bagi warga dan menciptakan suasana yang indah di bulan suci Ramadan,” kata Kepala Dinas Perkim dan LH Abdya, Rahwadi.
 
Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong ini sudah memasuki hari ke-5 sejak mendapat perintah dari kepala daerah. Sebelumnya, petugas membersihkan lumut dan tanah di sepanjang ruas jalan.
 
“Selain memotong dahan kayu yang dibantu tim BPBK. menyapu ruas jalan, petugas juga membersihkan lumut yang menempel di trotoar, agar terlihat bersih dan menciptakan suasana yang indah selama bulan suci Ramadan," katanya
 
Rahwadi berharap kepada warga yang bermukim di sepanjang jalan dua jalur agar tidak buang sampah di saluran dan di pinggir jalan karena dapat menimbulkan pemandangan yang kurang baik. 
 
"Sampah kumpulkan saja ditempat yang telah di sediakan agar menjadi mudah diangkut oleh petugas ke tempat pembuangan akhir," pintanya.

Baca juga: Jelang Ramadan, Permintaan jasa cuci karpet di Abdya meningkat drastis
Baca juga: Kekompakan Forkopimkab Abdya kunci sukses tekan inflasi

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024