Pemkab Aceh Tengah menggelar Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025 di Takengon, pada Rabu.

"Forum ini untuk menyusun sasaran dan arah kebijakan yang berdasarkan pokok-pokok permasalahan dan isu strategis yang masih menjadi tantangan dan memprioritaskan kebutuhan masyarakat sehingga menjadi kunci suksesnya pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah," kata Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan.

Ia menjelaskan RPJPD Kabupaten Aceh Tengah tahun 2025-2045 telah mulai disusun sejak tahun 2023 dan telah dilakukan konsultasi ke Mendagri melalui Pemerintah Provinsi Aceh pada awal Februari 2024, sehingga sudah memperoleh persetujuan untuk melaksanakan Musrenbang RPJPD.

Lanjutnya, Musrenbang RPJPD dan forum konsultasi publik merupakan tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk mendapatkan masukan dari setiap pelaku pembangunan terkait dengan permasalahan pembangunan, isu aktual, strategi, tujuan, sasaran, dan program pembangunan daerah secara jangka panjang dan tahunan.

"Kami mengharapkan agar penyusunan RKPD tahun 2025 dapat berfokus pada program strategis pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur, dengan tetap mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas dalam upaya mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Mirzuan juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk dapat  bersama-sama berupaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta menciptakan kebijakan dan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat.

Dia menekankan seluruh program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait harus menghasilkan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Aceh Tengah.

"Mari bersama-sama menciptakan kebijakan dan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat, berkelanjutan secara ekonomi, sosial dan lingkungan, serta menghasilkan dampak positif yang nyata bagi kemajuan Aceh Tengah," katanya.

Baca juga: DPRK Aceh Tengah umumkan lima nama komisioner KIP terpilih

Pewarta: Kurnai Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024