Sejumlah tempat usaha jasa penitipan hewan peliharaan seperti kucing kebanjiran orderan masyarakat yang akan melakukan mudik libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Banda Aceh, untuk menitipkan hewan peliharaan.

“Untuk saat ini dari 30 ruangan yang kita siapkan, 27 ruangan sudah dipesan. Besok mulai banyak masuk kucing-kucingnya,” kata pemilik usaha jasa penitipan Al Pets Shop Sayed Al Qaby Akbar di Banda Aceh, Kamis.

Jasa penitipan hewan peliharaan seperti kucing, kura-kura, burung, monyet dan kelinci, memang semakin banyak dicari masyarakat menjelang Lebaran. Terutama bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman dan berlibur.

Baca juga: Mahasiswa USK olah daun asam jawa jadi shampo kucing

Apalagi, rata-rata warga yang berdomisili di Banda Aceh merupakan perantau dari daerah. Tentu ketika pulang kampung, maka hewan peliharaan kebanyakan dititipkan di jasa penitipan.

Sayed mengatakan tempatnya hanya menerima penitipan kucing. Ia menyiapkan ruangan penitipan kualitas standar hingga premium yang lengkap dengan pendingin ruangan. Selain itu, pihaknya juga memberi kesempatan kepada pemilik kucing untuk membawa kandang sendiri.

“Disini harganya mulai dari Rp20 ribu per ekor per hari, hingga Rp35 ribu per ekor per hari. Tentu, kucing yang dititipkan disini harus bersih, sudah divaksin, bebas dari kutu, jamur, karena juga bisa menular, serta kebersihan kandang atau sterilisasi,” ujarnya.

Selama penitipan, lanjut dia, kucing tidak dikurung 24 jam. Ada kala kucing dilepaskan di area bermain sekitar satu hingga dua jam per hari. Kucing-kucing tersebut juga diberikan vitamin, snack gratis dan pembersihan rutin.
 
Seorang dokter hewan dibantu pekerja memeriksa kesehatan kucing yang akan dititip di jasa penitipan Adun Pet’s Care di Banda Aceh, Aceh, Kamis (4/4/2024). (ANTARA/Khalis Surry)


Hal senada juga disampaikan pemilik usaha jasa penitipan Adun Pets Care Mardhatillah yang menyebut, pihaknya menyediakan sebanyak 50 ruangan penitipan hewan peliharaan, bisa untuk kucing, kelinci, kura-kura, burung, hingga monyet.

“Yang sudah booking itu ada sekitar 25 ekor hewan, yaitu satu ekor monyet dan 24 ekor kucing, dari 11 orang pemilik,” kata dokter hewan lulusan USK itu.

Kata dia, usaha jasa penitipan ini sudah berlangsung tiga tahun. Biasanya pada momentum libur Lebaran, orderan penitipan hewan peliharaan memang cenderung meningkat. 

Warga sudah jauh hari memesan, kemudian baru dalam sepekan menjelang Lebaran akan membawa hewan peliharaan ke penitipan.

“Untuk Lebaran tahun ini kebanyakan orang akan menitipkan kucing atau hewan kesayangannya itu di tanggal 7 dan 8 April, untuk pemesanan kemarin,” ujarnya.

Di Adun Pets Care, kata dia, biaya penitipan mulai Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per ekor per hari, tergantung fasilitas yang didapatkan, di luar makanan hewan. Khusus untuk monyet, biayanya Rp45 ribu per hari, karena lengkap dengan makanan.

“Kita disini juga ada layanan pengontrolan yang dilakukan langsung oleh dokter hewan, untuk menjamin kesehatannya dan juga untuk menjamin keadaan hewan selama berada disini,” ujarnya.

Baca juga: Prabowo terima kunjungan Dubes China, foto bareng kucing

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024