Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar patroli di perairan Aceh guna memastikan moda transportasi laut arus balik hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah dalam keadaan aman dan lancar.

Patroli perairan dipimpin Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain menggunakan kapal SAR KN Kresna 232 yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Senin.

Patroli melibatkan unsur kepolisian, Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, serta instansi terkait lainnya maupun mitra SAR. Area patroli meliputi rute pelayanan kapal penumpang dari Pelabuhan Ulee Lheue hingga Pelabuhan Balohan, Pulau Weh, Kota Sabang.

Di pelabuhan tersebut, Tim SAR gabungan juga menyempatkan diri mengunjungi pos keamanan dan pelayanan. Kondisi di dua pelabuhan dalam keadaan dipadati calon penumpang. 

Dalam patroli tersebut, terpantau sejumlah kapal penyeberangan, baik kapal cepat maupun lambat, dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan maupun ke Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar. 

Kapal-kapal tersebut dipadati penumpang. Cuaca saat patroli berlangsung dalam keadaan cerah dan perairan tanpa gelombang. Selain kapal penyeberangan, area patroli juga dipadati perahu nelayan.

Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain mengatakan patroli bersama dengan sejumlah unsur pihak terkait tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah 

"Patroli ini untuk memantau bagaimana moda transportasi laut pada libur hari raya Idul Fitri. Dari pantauan kami, ada peningkatan pelayaran ke Pulau Weh, Kota Sabang maupun sebaliknya, ke daratan Aceh," katanya.

Selain memantau kondisi pelayaran, kata dia, patroli tersebut juga dibarengi dengan pengecekan personel pada pos terpadu di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang. Pos terpadu tersebut melayani penumpang kapal yang berlibur ke pulau di ujung barat Indonesia tersebut 

"Operasi siaga libur Idul Fitri ini sifatnya terpadu, tidak sendiri-sendiri. Karena itu, kami terus membangun sinergi dengan instansi terkait lainnya guna memastikan kegiatan masyarakat berjalan lancar," kata Ibnu Harris Al Hussain.

Baca juga: Basarnas siagakan 109 personel pada libur Idul Fitri di Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024