Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Aceh menyimulasikan penerbangan pesawat tanpa awak atau drone yang menjadi peralatan pendukung tugas kepolisian di Provinsi Aceh.

Simulasi pesawat tanpa awak tersebut digelar di Lapangan Mapolda Aceh di Banda Aceh, Rabu. Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko menyaksikan simulasi penerbangan drone Ditsamapta Polda Aceh tersebut.

Simulasi penerbangan drone dioperasionalkan oleh operator yang merupakan personel Ditsamapta Polda Aceh yang sudah memperoleh pelatihan sebelumnya.

Baca juga: Bantuan Kemanusiaan Polda Aceh disalurkan via tiga polres di Sumbar

Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko berpesan kepada operator, sebelum drone diterbangkan harus punya misi atau tujuan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kapolda juga menyampaikan agar pengguna drone memedomani SOP dan lebih berhati-hati dalam mengoperasionalisasikan pesawat tanpa awak tersebut.

Direktur Samapta Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan para personel atau operator yang ditugaskan mengendalikan drone sudah mengikuti pelatihan. Dan mereka mengendalikan menggunakan drone tersebut sesuai SOP.

"Tujuan penggunaan drone adalah untuk memudahkan atau menjangkau jarak atau tempat yang susah dilalui oleh kendaraan di darat atau untuk melakukan patroli jarak jauh," kata Ery Apriyono.

Baca juga: Polda Aceh kirim bantuan untuk korban bencana di Sumbar

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024