Pj Ketua Dekranasda Aceh Mellani Subarni menyatakan desainer asal provinsi itu yang ikut tampil pada Event Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) 2024 diundang untuk tampil pada fashion show di Paris.

"Pihak dari UNESCO yang hadir dan menyaksikan langsung kegiatan fashion show haasil karya perancang busana asal Aceh sangat tertarik dengan motif-motif Aceh dan mereka ikut mengundang sejumlah desainer yang andil bagian pada kegiatan AMFF di Jakarta,” katanya di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan sejumlah desainer yang diundang tersebut nantinya akan menampilkan hasil karyanya di fashion show di Paris, Prancis pada September 2024 mendatang.

Melanni menyebutkan desainer asal Aceh yang diundang untuk tampil di Paris yaitu Nana Marlina dengan brand fashion Risky Modiste.

Menurut dia kegiatan AMFF merupakan bagian menjadikan wastra-wastra karya desainer Aceh bisa berbicara banyak di tingkat nasional maupun internasional.

Adapun wastra-wastra Aceh yang ditampilkan di antaranya motif Pinto Aceh, Pucuk Rebong dan Songket Aceh.

Mellani yang turut didampingi Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal mengatakan pagelaran busana di event AMFF menjadi pintu untuk desainer Aceh mengambil momentum untuk berkolaborasi dengan desainer nasional.

Ia berharap lewat kegiatan tersebut wastra Aceh lebih dikenal tidak hanya di tingkat nasional melainkan tembus Internasional. Di mana setiap daerah di Aceh memiliki masing-masing ciri khas motif wastra.

Ia menambahkan Pemerintah Aceh berkomitmen untuk mempromosikan produk UMKM dan ekonomi kreatif khususnya di bidang fesyen untuk bisa bersaing atau minimal naik kelas.

"Kita akan terus membangun produk-produk UMKM yang ada di Aceh dan saya ingin membantu regenerasi perajin wastra yang ada di Aceh. Target ke depannya wastra Aceh ini dikenal oleh dunia," katanya.

Baca juga: Perancang busana ajak manfaatkan rempah sebagai pewarna alami

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024