Tim cabang olahraga petanque Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil meraih 10 medali dalam kjuaraan nasional (Kejurnas) antarmahasiswa yang terselenggara di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Provinsi Jawa Tengah.

"Kali ini tim Petanque USK berhasil membawa medali sebanyak dua emas, tiga perak dan lima perunggu pada Kejuaraan Nasional Petanque antar mahasiswa," kata Abdurrahman, pelatih tim petanque USK, saat dihubungi dari Banda Aceh, Senin.

Tim petanque USK Banda Aceh membawa 13 atlet yang didampingi oleh dua pelatih yakni Abdurrahman dan Novi Lidya Isdarianti, untuk bertanding di Lapangan Petanque Unnes Semarang Jawa Tengah pada 22-26 Mei 2024.

Ia menjelaskan kejuaraan ini mempertandingkan 13 nomor pertandingan yang terdiri dari lima kategori putra yaitu shooting, single, double, triple dan beregu. Begitu juga dengan kategori putri.

"Sedangkan kategori campuran terdiri dari double mix, triple mix men dan triple mix women," ujarnya.

Baca: Atletik Aceh dipanggil perkuat Timnas untuk ASEAN schools games

Dia mengatakan tim petanque USK berhasil mendapatkan medali emas dari nomor shooting man yang diraih Razul Aziz dan nomor triple mix women yang diraib Razul Aziz, Riska Amanda dan Amanda Sri Rezeky. 

Kemudian, medali perak diperoleh dari nomor single man atas nama M Muhlis Harliza, dan nomor triple mix men oleh Nafis Ghazwan Dira, Aulia Akbar dan Ulan Sari, serta nomor pertandingan triple mix women oleh Neni Armaza, Luqyana Mizda Afra dan M Muhlis Harliza. 

Sedangkan, medali perunggu diperoleh dari nomor shooting woman dan single woman oleh Neni Armaza, kemudian nomor double mix atas Azmi dan Luqyana Mizda Afra, kemudian juga nomor double mix oleh Suhaimi dengan Arifa Fathia Delvina serta nomor double women oleh Riska Amanda berpasangan dengan Amanda Sri Rezeky.

"Tim petanque USK ini merupakan atlet binaan KONI Aceh program sentralisasi, desentralisasi dan binaan Pengprov FOPI Aceh yang bernaung di bawah UKM Petanque USK," katanya.

Ia menambahkan, UKM Petanque USK merupakan UKM yang terus mendapat binaan dari Universitas Syiah Kuala sebagai cikal bakal atlet berprestasi, yang rutin berlatih di Lapangan Petanque FKIP USK.

"Alhamdulillah pembinaan yang dilakukan secara rutin telah membuahkan hasil dengan baik. Kami sangat berharap agar cabang olahraga petanque ini dapat berkembang di seluruh perguruan tinggi yang ada di Aceh. Hal ini akan memudahkan untuk berkompetisi dengan baik," ujarnya.

Baca: KONI Aceh siapkan 803 atlet untuk PON XXI
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024