Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp7 miliar untuk mendukung pengawasan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.

“Dana sebesar Rp7 miliar ini dialokasikan untuk Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Aceh Barat, Abdurrani kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk pengawasan Pilkada, setelah komisoner Panwaslih Kabupaten Aceh Barat dikukuhkan untuk menjalankan tugas.

Ia mengatakan dana sebesar Rp7 miliar saat ini belum diserahkan kepada Panwaslih Kabupaten Aceh Barat, karena pemerintah daerah masih menunggu pengajuan proposal dan perincian terkait penggunaan anggaran lembaga tersebut.

Apabila nantinya pemerintah daerah telah menerima pengajuan anggaran, maka anggaran tersebut segera disalurkan ke Panwaslih Kabupaten Aceh Barat untuk digunakan sesuai dengan peruntukkan.

Abdurrani mengatakan selain mengalokasikan anggaran kepada Panwaslih Kabupaten Aceh Barat, pemerintah daerah juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,4 miliar kepada Polres Aceh Barat sebagai biaya pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Pemerintah daerah juga mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp2,49 miliar untuk Kodim 0105 Aceh Barat, sebagai biaya pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Abdurrani mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat selalu siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024, khususnya dari sektor ketersediaan anggaran.

Baca juga: Rp4,4 M dana hibah pengamanan Pilkada untuk Polres Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024