Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala mendistribusikan air bersih dengan menggunakan mobil tangki guna mengatasi dampak kekeringan bagi pelanggan di sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Besar.

“Salah satu langkah kita lakukan untuk membantu pelanggan PDAM khususnya yang terdampak kekeringan dan terbatasnya pasokan air bersih karena kekeringan yakni mendistribusikan air bersih dengan mobil tangki,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Mountala Aceh Besar Sulaiman di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan daerah yang terdampak kekeringan saat ini sudah meluas ke sejumlah daerah dengan pelanggan terdampak sekitar 5 ribu pelanggan dari sebelumnya di Kawasan Kecamatan Lhoknga dan saat ini meluas ke Kecamatan Peukan Bada dan Darul Imarah.

Ia menyebutkan distribusi air bersih yang disalurkan tersebut dengan menggunakan mobil tangki dengan pusat distribusi sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh masing-masing gampong/desa.

Baca: PDAM Tirta Mountala jajaki pembangunan WTP baru dengan Korea

Menurut dia khusus untuk Kecamatan Lhoknga yakni di Gampong Tanjong di Meunasah desa setempat dan di Gampong Lamcok di halaman depan Paud Gaseh Poma.

“Alhamdulillah hujan yang terjadi kemarin menambah debit air di kawasan Mata Ie sebanyak centimeter dan dapat membantu distribusi air untuk 1.000 pelanggan,” katanya.

Ia menambahkan distribusi air bersih yang dilakukan dengan mobil tangki saat ini rata-rata 20 ribu sampai 30 ribu ton per hari dengan tujuan ke sejumlah gampong dalam daerah terdampak kekeringan.

Pihaknya berharap intensitas hujan dapat terus tinggi sehingga debit air di sumbur-sumber air bersih yang dikelola PDAM Tirta Mountala bertambah dan distribusi air ke seluruh pelanggan kembali normal.

Baca: PDAM Tirta Mountala salurkan 96 ton air bersih di daerah krisis air
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024