Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat pada 2024 dipusatkan di Aula Terintegrasi Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Sabtu.

“Peluncuran ini juga ditujukan sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat tentang pelaksanaan Pilkada,” kata Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat Cici Darmayanti.

Selain itu, kata dia, peluncuran tersebut merupakan bagian dari sarana silaturahmi antara masyarakat pemilih dengan penyelenggara pilkada, serta semua pihak yang nantinya terlibat dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

Cici Darmayanti mengatakan bahwa KPU secara nasional telah menetapkan tanggal pelaksanaan pilkada serentak pada 27 November 2024. 

Menurutnya, peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat tepat 150 hari menjelang hari “H”. Peluncuran tersebut merupakan bentuk komitmen dan kesiapan KIP Aceh Barat melaksanakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat.

Hal ini sekaligus menjadi ajakan bersama kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Aceh Barat untuk terlibat aktif serta berpartisipasi dalam setiap tahapan.

Selain itu, Cici Darmayanti mengatakan KIP Aceh Barat telah menyelesaikan seluruh tahapan Pemilu 2024 aman, tertib, lancar dan terkendali. 

Pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pemangku kebijakan, pemerintah daerah, serta Polri maupun TNI yang selalu mendampingi KIP, sehingga pelaksanaan pemilu di Aceh Barat berlangsung kondusif.

“Hubungan kerjasama yang telah terbangun dengan baik ini hendaknya terus terjaga dan berlanjut dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah mendatang,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban mengatakan pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KIP beserta segenap jajaran yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. 

“Peluncuran ini menjadi momentum penting menandai dimulainya proses pilkada, yang diharapkan mampu membawa kemajuan daerah ke arah yang semakin baik,” kata Marhaban.

Ia menyebutkan pemilihan bupati dan wakil bupati merupakan pilar utama dalam proses demokrasi di tanah air. Proses ini menjadi momentum bagi semua untuk menentukan arah pembangunan dan kesejahteraan daerah. 

Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk memastikan bahwa seluruh tahapan pemilihan ini berjalan dengan lancar, jujur, adil, dan demokratis.

Disamping itu, kata Marhaban, pelaksanaan peluncuran tahapan pemilihan ini juga merupakan tonggak awal untuk mendorong semangat partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dalam upaya menyukseskan seluruh tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten aceh barat mendatang. 

Ia menyebutkan, kegiatan ini turut menjadi kesempatan yang baik bagi penyelenggara maupun peserta pilkada, untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan pilkada yang demokratis.

Pemkab Aceh Barat juga mengharapkan agar pilkada tahun 2024 ini dapat berjalan dengan aman dan damai, sebagaimana kesuksesan kita dalam menyelenggarakan pemilu beberapa waktu lalu.

Pemerintah daerah juga mengajak seluruh elemen, unsur forkopimda, aparat keamanan tni/polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers, serta semua pihak untuk dapat mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada tahun 2024 melalui kerjasama dan koordinasi yang baik.

“Kami berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Barat untuk turut menyukseskan pilkada dengan cara menggunakan hak pilihnya, menjaga persatuan bersama, serta tidak mudah terpengaruh beragam isu negatif yang dapat memecah belah persatuan,” kata Marhaban.

Pemkab Aceh barat juga mengajak semua pihak agar mengawal pelaksanaan Pilkada tahun 2024, sehingga dapat bejalan aman, lancar dan kondusif.

“Insya Allah, melalui sinergitas dan kolaborasi bersama, akan mampu mewujudkan suksesnya pelaksanaan pilkada tahun 2024 yang demokratis, jujur dan berkeadilan. terima kasih,” demikian Marhaban.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024