Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh menyatakan pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) di semua jenjang pendidikan tertunda akibat gangguan aplikasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Syaridin di Banda Aceh, Jumat menyatakan, sebelumnya, pengumuman dijadwalkan Rabu (5/7).

Namun, PPDB belum bisa mengumumkan karena data hasil seleksi peserta didik baru belum diterima dari pusat atau Kementerian Pendidikan di Jakarta.

Syaridin menyebutkan, hasil konfirmasi pihaknya dengan Kementerian Pendidikan, Rabu (7/7) malam, gangguan aplikasi sudah diselesaikan. Dan data pengumuman segera disampaikan.

"Datanya dari pusat. Pihak dinas maupun sekolah menerima data dan mengumumkannya. Mudah-mudahan, pengumumannya bisa dilakukan hari ini," ujar Syaridin.

Menyangkut jumlah peserta didik yang diterima di seluruh sekolah di Kota Banda Aceh, Syaridin mengaku tidak mengingatnya. Hanya saja ia mengatakan jumlah sekolah yang tersedia mencukupi.

"Namun, pendaftaran tidak menumpuk hanya di satu sekolah. Kalau menumpuk, sekolah lain akan kekurangan peserta didik dan selalu tidak mencukupi," ungkap Syaridin.

Sebelumnya, sejumlah orang tua maupun wali murid peserta didik baru mengeluhkan tertundanya pengumuman PPDB. Mereka berulang kali mendatangi sekolah untuk melihat pengumuman.

"Ada empat kali bolak-balik sekolah, pengumuman juga belum ada. Katanya Rabu (5/7), belum ada pengumuman. Pihak sekolah minta datang keesokannya. Esoknya, pengumuman juga belum dilakukan," kata Nur Aisyah, orang tua peserta didik baru.

Senada juga diungkapkan Syahrial. Ia juga mengaku empat kali bolak-balik ke sekolah tempat mendaftarkan anak sebagai peserta didik baru.

"Dari kemarin hingga pagi tadi bolak-balik ke sekolah, namun pengumuman juga belum ada. Tidak hanya saya, banyak orang tua atau wali peserta didik baru kecewa karena tertundanya pengumuman," kata Syahrial.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017