Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mengajak anak muda di tanah rencong untuk terus meningkatkan keterampilan ekonomi kreatif hingga bisa menembus pasar internasional.

"Kita sangat mendukung kreativitas anak-anak muda. Maka, kita berharap anak-anak muda Aceh terus mengasah keterampilan," kata Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Almuniza merespon kesuksesan penyelenggaraan expo pemuda kreatif Aceh dalam event Bhayangkara Festival 2024 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin Kota Banda Aceh.

Ia menegaskan Pemerintah Aceh menginginkan produk ekonomi kreatif anak muda Aceh terus berkembang, sehingga karya yang dihasilkan dapat dipamerkan serta dipasarkan ke luar daerah bahkan luar negeri. 

"Terus kembangkan produk kita, sehingga tidak hanya diminati di Aceh, tapi juga luar Aceh hingga mancanegara. Pemerintah akan mendukung penuh," ujar Almuniza.

Di sisi lain, peserta expo pemuda kreatif Aceh merasa senang dengan event tersebut. Berharap kegiatan serupa kembali digelar dengan waktu yang lebih lama.

Baca: Menparekraf ajak ekonomi kreatif di Aceh manfaatkan momen PON XXI

Penjaga stand Atri Kerajinan Bambu, Dimas Aditya menilai kegiatan tersebut sangat bagus dan terkesan spesial, apalagi setiap harinya dikunjungi ribuan pengunjung.

Dirinya berharap, kegiatan serupa dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Karena, dengan banyaknya event, maka anak muda dapat menyalurkan kreativitas mereka. 

"Acaranya sudah cocok begini. Tapi kalau ini hanya empat hari, kalau bisa nanti lebih lama lagi dilaksanakan," kata Dimas.

Sementara itu, Ketua Stand Meurunoe Art, Iklima menuturkan, expo pemuda kreatif Aceh ini benar-benar dipadati pengunjung. Sehingga stand mereka yang menampilkan baju adat ramai dikunjungi.

"Kegiatan ini sudah bagus, tetapi ke depan kita harap semakin banyak komunitas dan sanggar yang bisa dilibatkan," ujarnya.

Melsaputri, pengunjung, mengatakan, expo pemuda kreatif Aceh cukup menarik karena menampilkan banyak karya dari pemuda Aceh. 

"Banyak produk menarik ditampilkan, dan kalau menurut saya acara expo seperti ini harus sering diselenggarakan nantinya," demikian Melsaputri.

Baca: Sekda: Pameran sebagai upaya pemerintah Aceh perkuat promosi produk UMKM lokal
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024