Ribuan siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mengikuti pawai karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun dipusatkan di ruas Jalan Nasional, Ujung Fatihah, Kecamatan Kuala hingga ke pintu masuk Perkantoran Suka Makmue.

"Pawai karnaval ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi ajang untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dalam keterangan diterima di Nagan Raya, Sabtu.

Melalui ajang ini, kata dia, pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Fitriany juga berharap agar para pelajar yang mengikuti pawai dapat meraih cita-citanya sesuai dengan profesi yang mereka idamkan. 

"Semoga semangat juang para pelajar yang telah kita saksikan hari ini dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara," katanya menambahkan.

Meskipun sempat diguyur hujan, semangat para peserta dan antusiasme penonton tidak sedikit pun surut. Jalanan hampir tertutup oleh para penonton yang ingin menyaksikan langsung kreasi dan semangat para pelajar.

Hal ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme masyarakat Nagan Raya terhadap perayaan HUT RI tahun ini.

Pj Bupati Fitriany Farhas menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh pihak yang telah menyukseskan acara pawai karnaval ini. 

Ia berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Nagan Raya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya, Zulkifli mengatakan pawai karnaval menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun tersebut,  diikuti oleh pelajar dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat serta, Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat.

“Untuk pawai karnaval ini dimeriahkan oleh para peserta yang berasal dari 18 PAUD/ TK, 17 SD, 6 SMP/MTs, 6 SMA/SMK/MA,” jelas Zulkifli. 

Baca juga: Ragam pakaian adat nusantara warnai upacara 17 Agustus di Kemenkumham Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024